Arab Saudi Lakukan Vaksinasi, Pemerintah Optimis Ibadah Haji Tahun Ini Dibuka

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Saat Menghadiri Raker Bersama Komisi VIII DPR RI terkait penyelenggara ibadah haji 2021. Foto: : Rahmad/ Acuantoday.com

Acuantoday.com, Jakarta- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, hingga saat ini belum ada kepastian dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021. Meski begitu, Pemerintah Indonesia masih tetap optimis akan dibuka diselenggarakan ibadah haji tahun ini.

“Kita semua tentu berharap situasi yang lebih baik dari tahun lalu. Kami optimis, pemerintah optimis kemungkinan diselenggarakannya ibadah haji tahun ini masih sangat terbuka,” kata Yaqut kepada wartawan saat menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI terkait pelaksanaan ibadah haji 2021 atau 1442 Hijriah, Senin (15/3).

Menurut Yaqut, keyakinan Pemerintah Indonesia bahwa penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 akan dibuka dengan dilakukannya vaksinasi oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dalam penanganan Covid-19.

“Hal ini ditandai dengan telah dilakukan vaksinasi di Saudi sebagaimana di Indonesia dalam rangka menangani pandemi Covid-19,” ucapnya.

Tak hanya itu, optimisnya Pemerintah Indonesia juga terlihat dengan rencana Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang akan membuka penerbangan internasional pada bulan Mei besok.

“Otoritas Arab Saudi juga menyatakan akan membuka penerbangan internasional per 17 Mei 2021. Situasi ini lebih positif dibanding tahun lalu di kuartal yang sama ya, yang menutup penerbangan luar negeri tidak terkecuali selama musim haji 2020,” jelasnya.

“Oleh karena itu, seberapa tipis kemungkinannya kami tetap berusaha menyiapkan penyelenggaraan haji tahun ini,” ujarnya,” tutupnya. (rht)

Comments

comments