Artidjo Alkostar Meninggal Dunia, Menkopolhukam Mengaku Kehilangan Sosok Hakim Berintegritas

Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang juga mantan Hakim Agung, almarhum Artidjo Alkostar. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta- Menko Polhukam Mahfud Md menyebut penyebab meninggalnya mantan Hakim Agung yang kini menjabat anggota Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkostar, dikarenakan masalah gangguan jantung dan paru-paru yang sudah diderita almarhum sejak lama.

“Sudah lama dalam pengawasan dokter karena gangguan jantung dan paru-paru,” kata Mahfud di Jakarta, Minggu (28/2/2021).

Mahfud MD yang sama-sama alumni Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) itu menjelaskan, Indonesia telah kehilangan salah satu putra bangsa yang sangat berintegritas dalam menjunjung tinggi penegakkan hukum yang tegas.

“Kita ditinggalkan lagi oleh seorang tokoh penegak hukum yang penuh integritas. Mantan hakim agung Artidjo Alkostar yang kini menjabat sebagai salah seorang anggota Dewan Pengawas KPK telah wafat siang ini,” pungkasnya.

Dari profil yang bisa dilihat di situs Mahkamah Agung RI, Artidjo Alkostar lahir di Situbondo, Jawa Timur pada 22 Mei 1948.

Sejak muda, ia mendedikasikan diri menjadi dosen di universitas UII dan menjadi advokat di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta sejak 1976-2000. Pada 1989, Artidjo berangkat ke New York Amerika Serikat untuk mengikuti pelatihan khusus pengacara bidang Hak Asasi Manusia di Columbia University. (Mmu)

Comments

comments