Asyiknya Menikmati Ice Cream Zangrandi Sambil Nostalgia

Nutty mongky--foto instagram ice cream zangrandi

Acuantoday.com— Ke Surabaya tanpa mengunjungi ‘Graha es cream Zangrandi’ rasanya kurang afdol. Pasalnya istana ice cream yang berdiri sejak masa kolonial ini sudah begitu terkenal seantero negeri. Karena itu kalau kamu bukan orang Surabaya, dan kebetulan menyambangi  Kota Pahlawan ini, mampir lah ke Jl Yos Sudarso No 15.

Itulah tempat rumah ice cream Zangrandi itu bermula. Dibangun tahun 1930 oleh pasangan Italia, Roberto Zangrandi dan istrinya. Ketika pasangan ini memutuskan pulang ke negaranya, rumah ice cream Zangrandi diteruskan oleh pengusaha asal Surabaya.

Graha es krim Zangrandi (kini) dan penampakannya tahun 1930-an–foto istimewa

Dalam perkembangannya Zangrandi kini sudah memiliki banyak cabang di berbagai daerah termasuk Jakarta, bahkan di Surabaya pun untuk menikmati Zangrandi Ice Cream bukan hanya di Jl Yos Sudarso.

Harus diakui usia tua Zangrandi merupakan daya tarik utama. Bayangkan, rumah ice cream ini sudah ada sejak jaman Belanda dan masih eksis hingga kini, sungguh jarang terjadi. Lebih hebat lagi Zangrandi bisa tetap bertahan puluhan tahun di tengah persaingan ketat aneka kuliner kekinian.

Macedonia dan camilan–foto instagram Zangrandi

Dari beberapa fakta itu saja sudah bisa diperkirakan kalau Zangrandi bukan sekadar keunikan rasa tapi juga kreativitas dan inovasi dalam produk. Di luar itu, bangunan tua arsitektur Eropa plus interior vintage style dilengkapi kursi rotan dan meja bundar, seolah ingin membawa suasana menikmati es cream di tahun 30-an, benar-benar membuat pengunjung betah. Sampai-sampai tak sadar kalau pengunjung lain sudah lama mengantre di luar. Ya, Graha es cream Zangrandi memang selalu ramai pengunjung.

Salah satu yang khas dari es cream Zangrandi adalah susunya yang tidak sebanyak es cream lainnya. Teksturnya, memang, menjadi agak kasar, namun rasanya dijamin ‘wow sekali’.

foto instagram zangrandi

Kalau Anda baru pertama mampir ke Zangrandi mungkin baiknya mencicipi dulu macedonia atau tutty fruity yang sudah melegenda itu. Konon resepnya asli dari istri Zangrandi.

Menu lain yang patut dicoba adalah noodle ice cream, avocadocano, gunung es moka leci, dengan saos coklat dan buah avokat, The love deal yaitu perpaduan rasa terfavorit vanila, coklat, strawberi, moka, dan kopyor.

Meski namanya rumah es cream, namun disediakan juga lho menu lain di luar es cream, ada juga camilan. Yang paling favorit adalah risoles dan siomay yang rasanya luar biasa.***dian

Comments

comments