Australia Akan Buang Ratusan Bangkai Paus yang Terdampa

Relawan berusaha menyelamatkan paus pilot yang terdampar di perairan Macquarie Harbour, Strahan, Tasmania, Australia, Selasa (22/9/2020). Tak kurang dari 470 ekor paus pilot diperkirakan terdampar pada peristiwa tersebut/Foo:Antara

Acuantoday.com — Australia akan membuang hampir 400 bangkai paus yang terdampar.

Belum lama ini ditemukan 470 ekor ikan paus terdampar di lepas pantai barat laut negara bagian pulau Tasmania.

Terdamparnya ratusan paus itu merupakan yang terbesar dalam catatan sejarah Australia modern. Peristiwa itu menarik perhatian dan masih menjadi misteri bagi para ilmuwan

Pejabat Australia, Kamis (24/5) menyebut membuang ratusan bangkai paus sebagai “tugas berat.”

Tim penyelamat pada Kamis sore berhasil membebaskan sekitar 70 paus pilot bersirip panjang yang terdampar di lepas pantai selatan terpencil Australia.

Saat ini masih ada 20 ekor paus yang menggelepar di perairan dangkal.

“Di atas 24 jam ke depan, sisa hewan yang masih hidup akan berkurang,” kata Nic Deka, pengendali insiden untuk Kantor Layanan Taman dan Margasatwa.

Pihak berwenang akhirnya merencanakan  membuang setidaknya 380 paus di laut. Operasi itu, menurut Deka, dapat memakan waktu berhari-hari.

Para ahli biologi kelautan memperingatkan bahwa tugas membuang bangkai paus itu akan rumit.

“Menangani lebih dari 400 paus mati adalah masalah nyata. Itu harus dibuang sangat jauh,” kata Vanessa Pirotta, seorang ilmuwan kelautan di Universitas Macquarie.(Ikmansah/Antara)

 

Comments

comments