Awas, Berkeliaran Aparat KPK Gadungan

Acuantoday.com, Jakarta — Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan adanya petugas KPK gadungan yang mengambil keuntungan dengan berbagai cara. Salah satunya memeras pejabat di daerah.

“Modus operandi yang mereka lakukan, yaitu menakut-nakuti akan membongkar dan menangkap aparatur pemerintah di daerah yang diduga ‘bermain’ dalam proyek pembangunan di wilayahnya,” ujar Ketua KPK) Firli Bahuri, Kamis (17/9).

Selain itu, menurut Firli, aparat KPK gadungan juga menakut-nakuti pihak swasta yang mendapatkan dana hibah dari penyelenggara negara.

Pemerasan oleh pihak yang mencatut nama KPK, menurut Firli, terjadi di sejumlah daerah, seperti di Bengkul, Bireuen, Aceh, dan di Ciamis, Jawa Barat.

Firli juga mengingatkan masyarakat agar mewaspadai pihak yang mengaku bekerja sama dengahn KPK yang akan membantu pengisian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sebagai syarat pencalonan bagi calon kepala daerah untuk mengikuti Pilkada Perentak 2020, dengan meminta imbalan uang.

“Padahal, sesuai dengan Surat Edaran Pimpinan KPK Nomor 07.1 Tahun 2020 tanggal 31 Maret 2020 yang mengatur penyampaian LHKPN wajib dilaksanakan secara online melalui elhkpn.kpk.go.id dan gratis alias tidak dipungut biaya apa pun,” tuturnya. (Yona/Ant)

 

 

Comments

comments