Ayo Bikin Bakso Sendiri, Ini Resepnya

Foto: dapoersikoko/Instagram Chef Juna

Acuantoday.com— Kuliner bakso sangat popular di Indonesia. Makanan ini menurut catatan Wikipedia merupakan makanan khas Tionghoa-Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan nama ‘Bak-So’ yang berasal dari Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging giling’. Di Indonesia bakso yang paling umum terbuat dari daging sapi, meski dipasaran banyak juga terdapat bakso ikan, ayam ataupun bahan lainnya.

Nah bagi penggemar bakso, mungkin saatnya lah Anda belajar membuat bakso sendiri. Tidak sulit, kok. Berikut ini Chef Juna lewat akun instagramnya membagikan resep membuat bakso by dapoersikoko.

Ini resep untuk 5 porsi:

Bahan:

1000 gr daging sapi segar (jangan dari frezeer)
4 sdt garam
1 sdt merica bubuk
½ sdt baking powder
30 gr tepung tapioka
250 gr es batu
3 liter air untuk merebus

Cara Membuat:

1.Masukkan daging, garam, merica bubuk, baking powder dan es batu ke dalam food procesor. Proses hingga daging halus.
3.Kemudian keluarkan dari food procesor. Masukkan ke dalam wadah. Tambahkan tepung tapioka. Uleni hingga rata.
4.Didihkan air lalu kecilkan apinya. Ambil adonan daging dengan tangan, lalu sendoki bulat-bulat, masukkan ke dalam air mendidih. Kerjakan sampai selesai. Baru kemudian besarkan apinya sampai sedang saja. Masak hingga matang, ditandai dengan bakso yang mengapung.
5.Angkat dan tiriskan.

Catatan:
1. Kuah bekas merebus bakso bisa dipakai kembali, tinggal tambahkan sedikit bumbu masak/penyedap rasa, sedikit garam dan merica. Sajikan bersama bakso, beri taburan daun bawang, saus tomat/sambal.
2. Sisa bakso yg belum sempat dimakan, bisa disimpan dlm frezeer. Bisa dipakai utk bahan masakan lainnya seperti capcay, sop, mi goreng, nasi goreng, dll.
3. Bila tidak punya food procesor, bisa menggilingkan dagingnya di penggilingan daging. Dengan ongkos murah didapatkan daging yg lebih lembut. Begitu sampai rumah baru diolah jadi bakso.***dian

Comments

comments