Polisi Tangkap Pendiri Pasar Muamalah Depok

Ilustrasi - Tim gabungan Kejaksaan Agung dan Kejari Purwokerto terpidana kasus penipuan multi level marketing (MLM) Eliza Kartikasari Nur Faizah. Kamis (1/10) Kejagung merilis penangkapan buronan sejak 10 tahun itu.

Acuantoday.com, Jakarta―Polisi mencokok pendiri Pasar Muamalah Zaim Saidi Depok, Jawa Barat, yang sempat menghebohkan masyarakat karena transaksi menggunakan mata uang dinar-dirham.

“Iya, benar (Zaim Saidi ditangkap,” kata Karo Penmas Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, saat dikonfirmasi, Rabu (3/2).

Zaim Saidi yang ditangkap, Selasa (2/2) malam itu belum dapat dijelaskan untuk alasan apa penangkapan itu.

Seperti diketahui, Pasar Muamalah beroperasi setiap hari Minggu itu, digelar dua pekan sekali di Jalan Raya Tanah Baru, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Bank Indonesia (BI) sebelumnya menegaskan, rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia dan setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran yang dilakukan di wilayah Tanah Air wajib menggunakan rupiah.

Ketentuan itu diatur berdasarkan Pasal 23 B UUD 1945 jo. Pasal 1 angka 1 dan angka 2, Pasal 2 ayat (1) serta Pasal 21 ayat (1) UU Mata Uang.

Pernyataan Erwin berkaitan dengan adanya indikasi penggunaan alat pembayaran selain rupiah di masyarakat.

“Dalam hal ini kami menegaskan bahwa dinar, dirham, atau bentuk-bentuk lainnya selain uang rupiah bukan merupakan alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI,” tegas Erwin di Jakarta.

Untuk itu, kata dia, BI mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan menghindari penggunaan alat pembayaran selain rupiah. (ahm)

Comments

comments