Kemenkes Pastikan Dukung Vaksin Nusantara

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono saat menjawab pertanyaan Komisi IX DPR terkait dukungan Kemenkes pada vaksin Nusantara saat Rapat Kerja, Rabu (10/3/2021). (Foto : Biro Pemberitaan DPR RI)

Acuantoday.com, Jakarta- Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono memastikan standing poin Kementerian Kesehatan akan selalu memberikan dukung kepada pihak-pihak yang memproduksi vaksin secara nasional.

“Standingpoin Kemenkes bahwa pasti akan selalu mendukung berbagai macam vaksin yang akan diproduksi secara nasional, terutama dalam negeri,” kata Wamenkes Dante saat menjawab pertanyaan Komisi IX DPR terkait dukungan Kemenkes pada vaksin Nusantara saat Rapat Kerja, Rabu (10/3).

Dikatakan Dante, vaksin Nusantara adalah bagian daripada riset maka akan selalu mendapat dukungan penuh untuk ditindaklanjuti ke fase berikutnya.

“Kemudian terkait vaksin nusantara yang ditanyakan tadi jika bagian daripada riset tentu kami akan mendukung, apakah riset ini akan dilanjutkan ke fase kedua,” ucapnya.

Namun, kata Dante, kelanjutan fase kedua dari vaksin Nusantara ini hal harus melewati proses evaluasi dari tim independen, yakni Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM-RI) agar mendapat bantuan biaya dari Pemerintah secara legal.

“Tentu akan bisa diteruskan apabila evaluasi uji fase satu sudah disetujui oleh BPOMsehingga kita bisa melakukan standingpoin untuk biaya secara legal dan mempunyai kredibilitas yang independen itu yang akan kami sampaikan soal vaksin nusantara,” jelasnya.

Orang nomor dua di Kemenkes ini mengatakan, pihaknya akan menunggu hasil evaluasi BPOM terkait uji klinis vaksin Nusantara agar bisa dilanjutkan ke fase kedua.

“Jadi kami menunggu hal tersebut yang akan dirilis secara independen oleh BPOM sehingga akan terus mengawal, mendukung ini secara legal dan secara baik berdasarkan cara uji klinis obat secara baik,” pungkasnya. (rht)

Comments

comments