Kontak Senjata di Intan Jaya, Satu KKB Tewas Ditembak TNI-Polri

Ilustrasi-terntara sedang membidikan senjata ke sasaran tembak./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta―Anggota gabungan TNI-Polri kembali kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker di Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua, Senin (26/10).

Pada bAku tembak yang terjadi selama lima jam, antara 05.00-10.00 WIT itu, seorang anggota KKB Rubinus tewas tertembak peluru aparat.

“Pada saat kontak senjata, ada 50 orang bersenjata diduga KKB melakukan perlawanan terhadap tim gabungan TNI-Polri sehingga tim mengambil tindak tegas dan terukur,” ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono melalui keterangan tertulis, Selasa (27/10).

Awi mengatakan, aparat gabungan juga berhasil menangkap seorang anggota KKB di tengah kontak senjata.

Kedua anggota KKB ini diduga terlibat dalam penembakan terhadap rombongan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Intan Jaya pada Jumat (9/10/2020), yang menyebabkan tiga orang terluka.

Anggota TGPF yang menjadi korban adalah dosen UGM, Bambang Purwoko, dan dua anggota TNI.

Awi menjelaskan, KKB pimpinan Sabinus itu bukan sekali melakukan penyerangan. Pada 2015 lalu, mereka pernah melancarkan tembakan terhadap anggota Brimob di pos penjagaan.

Awi menjabarkan, kelompok itu masif melakukan kejahatan, mulai dari perampasan di kawasan, distrik Mimika dan Tembagalura hingga merekrut remaja Papua untuk dijadikan pemberontak.

“Mereka ini telah meracuni pikiran remaja Papua, merekrut serta mempersenjatai mereka dengan tujuan sebagai tameng hidup agar mudah melarikan diri,” ujarnya. (rwo)

Comments

comments