Baleg Fokus Kawal Pasal Karet Revisi UU ITE

Rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR RI di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/9/2020). Rapat membahas harmonisasi RUU Masyarakat Hukum Adat / Foto : Hardianto

Acuantoday.com, Jakarta – Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Willy Aditya mematikan Fraksi Partai NasDem akan fokus pada rencana revisi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), terkhusus mengenai pasal-pasal karet yang terus meresahkan masyarakat.

“Sumber daya kita perlu difokuskan untuk mengawal proses revisi UU ITE khususnya terhadap pasal-pasal karet dan tumpang tindih (over criminalization),” kata Willy Aditya kepada wartawan, Selasa (16/2).

Dijelaskan Willy, pihak kepolisian harus cermat menggunakan diskresi miliknya dalam menyelesaikan kasus atau masalah yang dilaporkan oleh masyarakat terkait dengan pelanggaran UU ITE.

“Jajaran Kepolisian harus cermat menggunakan diskresi miliknya untuk menyelesaikan langsung dilapangan,” ucap Willy merangkap Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPR RI.

Singkatnya, kata dia Polri bisa gunakan kewenangannya untuk membangun tabayyun diantara sesama warga negara.

Anggota Komisi I DPR RI ini menegaskan, Fraksi NasDem akan mengawal dengan baik proses revisi UU ITE ini agar sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo. Lebih jauhnya, revisi UU ITE ini lebih pada perbaikan demokrasi Indonesia ke depan.

“Terlalu mahal demokratisasi, dan kebebasan berekspresi yang kita perjuangkan untuk dipertaruhkan di bawah sistem hukum yang mengekangnya,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan bakal mengajukan revisi UU ITE ke DPR jika UU hal tersebut dinilai tak bisa memberi keadilan. Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden Jokowi saat pengarahan kepada Peserta Rapim TNI-Polri. (rht)

Comments

comments