Bamsoet Harap Pemerintah Siapkan Jalur Sepeda Lengkap dengan Pambatas Jalan

Ilustrasi-Kegiatan bersepeda di kawasan Sudirman, Jakarta./Foto: Kementerian Perindustrian

Acuantoday.com, Jakarta―Pemerintah diminta untuk menyiapkan jalur khusus sepeda di beberapa ruas jalan, yang dilengkapi dengan pembatas jalan. 

Tujuannya agar pengendara sepeda motor tidak masuk ke jalur khusus sepeda, dan mampu meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya.

“Sebagai langkah awal, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa menjadi lokomotifnya,” kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (5/12).

Ia menyebut, jalur khusus sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin yang sudah bagus, misalnya, dengan sedikit sentuhan kreatifitas bisa dimaksimalkan penggunaannya dengan ditambahkan pembatas berupa tanaman. 

“Selain untuk mempercantik wajah jalan raya, juga bisa menjaga pesepeda dari berbagai gangguan pengendara kendaraan bermotor,” sambungnya.

Ketua DPR RI ke-20 ini menerangkan, kesadaran masyarakat menggunakan sepeda sebagai moda transportasi semakin hari terus meningkat. 

Terlebih sejak pandemi Covid-19, masyarakat mulai marak menggunakan sepeda, bukan hanya sebagai sarana berolahraga melainkan sebagai sarana mobilitas sehari-hari.

“Mobilitas menggunakan sepeda juga sangat ramah lingkungan, lantaran tak ada gas buang yang menghasilkan polusi udara,” katanya.

Ia juga mengingatkan, pembangunan jalan yang lebar jangan sampai malah hanya dinikmati pengendara kendaraan bermotor saja. (rht)

Comments

comments