Bangkitkan Pariwisata, Pemerintah Kucurkan Dana Hibah Rp 3,3 Triliun

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio/Foto:Antara

Acuantoday.com, Jakarta – Pemerintah mengucurkan dana hibah khusus pariwisata senilai Rp3,3 triliun untuk membantu pemerintah daerah dan pelaku usaha di sektor tersebut

“Dana hibah ini merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (21/10)

Dia menjelaskan, dana hibah tersebut untuk membantu pemerintah daerah serta industri, hotel dan restoran yang mengalami penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta gangguan finansial akibat pandemi COVID-19.

“Hibah pariwisata ini merupakan hibah dana tunai melalui mekanisme transfer ke daerah yang ditujukan kepada pemda serta usaha sektor pariwisata seperti hotel dan restoran di 101 daerah kabupaten kota yang berdasarkan beberapa kriteria,” tambah Wishnutama, seperti dikutip Antara.

Dengan adanya hibah tersebut, Wishnutama berharap dapat membantu peningkatan pelaksanaan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) atau kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan di destinasi wisata sehingga tercipta rasa aman bagi wisatawan.

“Pemerintah akan terus melakukan berbagai macam kebijakan untuk membantu sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif agar dapat bangkit kembali,” ujarnya.

Hibah pariwisata itu menurut Wishnutama, menjadi langkah awal pemulihan sektor pariwisata.

“Juga diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata. Karena pelaksanaan protokol kesehatan dengan baik adalah kunci keberhasilan sektor pariwisata agar dapat lebih cepat bangkit kembali,” katanya. (Oka)

Comments

comments