Bantu Korban Gempa, Ganjar Kirim Relawan ke Sulbar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melepas relawan dan bantuan dari Jawa Tengah./Foto: Humas Pemprov Jateng

Acuantoday.com, Semarang―Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberangkatkan 15 relawan dari sejumlah instansi kebencanaan Jawa Tengah ke Sulawesi Barat yang beberapa waktu lalu diguncang gempa bumi. 

Tak hanya relawan, orang nomor satu di Jawa Tengah ini juga mengirimkan bantuan berupa uang tunai Rp500 juta dan bantuan dalam bentuk logistik senilai Rp269 juta.

Pelepasan relawan dilakukan Ganjar di halaman kantornya, Jalan Pahlawan Semarang pada Rabu (20/1).

Menurut Ganjar, pemberangkatan relawan dan bantuan merupakan spirit gotong royong kepada sesama rakyat Indonesia. 

“Spirit kita adalah gotong royong untuk membangun rasa kemanusiaan. Dengan banyaknya bencana yang terjadi, maka kita mesti bertindak untuk melakukan sesuatu. Agar, rasa sakit saudara kita di semua lokasi bencana dapat kita ringankan,” ujar Ganjar kepada 15 relawan yang berangkat. 

Ganjar mengklaim pihaknya telah berkomunikasi dengan Sulawesi Barat terkait bantuan logistik dan relawan dari Jawa Tengah itu.

Ada pun kebutuhan yang dibawa 15 relawan berupa makanan, tenda, tikar dan kebutuhan logistik kebencanaan lainnya.

“Sekarang yang ada kita kirim dulu, yang penting berangkat dulu ke sana agar bisa segera membantu teman-teman di Sulbar. Kalau nanti ada order selanjutnya, kita siap bantu,” kata Ganjar. 

Politikus PDI Perjuangan ini juga meminta kepada relawan untuk mengedepankan kebutuhan anak-anak dan perempuan karena kerap kali kebutuhan untuk mereka justru dilupakan. 

Untuk itu, Ganjar berpesan kepada relawan untuk memperhatikan anak-anak dan perempuan saat penanganan bencana nantinya. 

Ia senang karena ada salah satu relawan yang diberangkatkan khusus menangani psikososial anak.

“Tadi saya titip untuk anak-anak dan perempuan, karena seringkali terlupakan. Padahal, mereka butuh, apalagi anak-anak ini butuh mainan, butuh suasana heppy dan butuh hiburan. Meskipun kondisinya darurat, anak-anak ini butuh dihibur, diberikan semangat agar tabah menjalani musibah ini,” tegas Ganjar. 

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Jateng, Safrudin menerangkan, 15 relawan yang dikirim ke Sulbar terdiri dari relawan BPBD Kabupaten Kota dan unsur Tagana, PMI, Dinsos dan instansi terkait.

“Nantinya mereka akan ditugaskan membantu selama seminggu. Tugasnya beda-beda sesuai kemampuan, karena yang kami kirim ini memiliki banyak keahlian. Ada yang relawan kesehatan, relawan psikososial, dapur umum dan lainnya,” tandas Safrudin. (alvin)

Comments

comments