Bareskrim Siapkan Barang Bukti Permintaan Komnas HAM

Adegan saat empat orang laskar FPI yang diturunkan dari mobil Chevrolet Spin sebelum dibawa ke mobil polisi. (Foto: kompas)

Acuantoday.com, Jakarta- Bareskrim Polri merespons sikap Komnas HAM yang ingin melihat dan memeriksa langsung mobil yang terlibat dalam bentrok FPI-polisi dalam insiden di ruas Tol Jakarta-Cikampek Km 51, yang berujung pada tewasnya 6 Laskar FPI, awal Desember.

Dirtipidum Bareskrim Brigjen Andi Rian Djajadi, bilang bakal memperlihatkan semua barang bukti yang dimiliki kepolisian ke Komnas HAM, termasuk mobil Laskar FPI yang disita.

“Iya, (akan disampaikan), intinya tim Komnas HAM ingin melihat barang bukti yang disita penyidik,” kata Andi saat dikonfirmasi, Senin (21/12).

Katanya, tim Bareskrim Polri bakal mendatangi Komnas HAM untuk memperlihatkan barang bukti, pukul 13 siang ini. Kendati demikian, ia belum bisa memastikan apakah Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo bakal juga ikut.

Diketahui, Komnas HAM juga melakukan penyelidikan terkait insiden bentrokan tersebut. Terbaru, mereka menyurati Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo untuk meminta keterangan terkait mobil yang menjadi barang bukti dalam insiden.

Komnas HAM nantinya akan melihat langsung mobil yang ditumpangi enam laskar FPI maupun mobil yang digunakan aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya dalam peristiwa itu.

“Permintaan keterangan ini dengan melihat dan memeriksa mobil secara langsung. Semoga pengambilan dan permintaan keterangan ini dapat dilakukan sesuai dengan jadwal,” kata Ketua Tim Penyelidikan Komnas HAM, Choirul Anam dalam keterangan tertulis, Minggu (20/12) malam.

Barang bukti berupa mobil Laskar FPI yang dimaksud adalah satu unit mobil jenis Chevrolet Spin. Keenam orang yang berada di dalam mobil tersebut tewas ditembak polisi, yang menggunakan mobil jenis Avanza berwarna silver.

Dari hasil rekonstruksi, polisi menyebut mereka terlibat baku tembak dengan aparat di TKP pertama, yaitu di sekitar depan Hotel Novotel, Jalan Internasional, Karawang Barat. (rwo)

Comments

comments