Basarnas Semarang Siap Tanggulangi Bencana 2021

Anggota Basarnas Semarang saat mengikuti apel./Foto: Acuantoday.com (dok Basarnas

Acuantoday.com, Semarang-Basarnas Kota Semarang mengaku siap 24 jam menanggulangi bencana pada awal tahun 2021. 

Pernyataan Basarnas ini mengacu masih adanya potensi cuaca ekstrem di musim hujan seperti sekarang.

Kepala Basarnas Kota Semarang Nur Yahya, mengungkapkan, semua peralatan yang mendukung operasi SAR selalu siap untuk dipergunakan saat dibutuhkan dalam operasi.

“Kami menyiagakan personil yang terlatih selama 24 jam penuh tiap hari untuk melakukan operasi SAR apabila terjadi kejadian yang membutuhkan penanganan SAR,” ujar Nur Yahya dalam keterangan resmi yang diterima redaksi Acuantoday, Jumat (1/1).

Dalam menanggulangi bencana, pihak Basarnas juga tak akan sendiri. Mereka akan rutin melakukan koordinasi dengan dinas terkait seperti BPBD setempat.

Selain itu, kekuatan regu SAR akan didukung ribuan potensi relawan yang bersiap siaga di masing-masing daerah dan sudah dilengkapi dengan peralatan yang memadai.

“Sejumlah perlengkapan seperti perahu karet, motor tempel, dan lainnya upaya penanggulangan bencana juga sudah dipersiapkannya. Kesiapsiagaan dan perlengkapan sejumlah alat sudah ditingkatkan supaya bisa memberikan reaksi yang cepat kalau ada laporan bencana di sejumlah daerah,” jelas Nur Yahya.

Walaupun Basarnas siap, namun Nur Yahya tetap memberi himbauan kepada masyarakat Semarang dan sekitarnya untuk tetap memiliki kewaspadaan tersendiri di musim penghujan seperti sekarang.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak beraktifitas di daerah perairan apabila dirasa tidak cukup penting.

“Apalagi masa bulan Desember hingga Februari tahun 2021 musim hujan di diprediksi belum berakhir. Jadi kami mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Dan apabila masyarakat membutuhkan jasa SAR, dapat menghubungi kami di 024-7629192 atau di 024-115. Pelayanan jasa operasi SAR yang kami berikan gratis,” pungkas Nur Yahya. (alvin)

Comments

comments