Benarkah Jahe Merah Dapat Membunuh Covid 19? Ini Penjelasannya

Jahe Merah

Acuantoday.com— Masih ingat masa awal pandemic Covid 19 Indonesia. Ketika itu herbal ‘naik daun’ karena dianggap mampu melawan Covid 19. Nah di antara herbal itu, salah satu yang paling dicari adalah jahe merah (zingiber officinale var. rubrum).

Jahe merah merupakan salah satu jenis unggul tanaman rimpang jahe yang ada di Indonesia. Jenis ini merupakan varietas unggul karena memiliki kandungan senyawa aktif yang lebih tinggi dibandingkan varietas jahe lainnya. Sehingga jahe merah banyak digunakan sebagai bahan baku obat-obatan tradisional.

Namun begitu, jahe merah, bukanlah untuk menyembuhkan atau membunuh Covid 19. Setidaknya sampai saat ini belum ada bukti yang melaporkan penggunaan jahe merah sebagai antivirus, khususnya virus Corona SARS-CoV-2. Hal ini sekaligus meluruskan informasi yang beredar bahwa jahe merah dapat menyembuhkan penderitanya.

“Jahe merah berfungsi untuk membantu meringankan gejala yang ditimbulkan, bukan untuk menyembuhkan atau untuk membunuh virus tersebut,” tegas Masteria Yunovilsa Putra, Kepala Kelompok Penelitian Center for Drug Discovery and Development, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI,sebagaimana dikutip dari akun instagram Kemenristek/BRIN.

Jahe merah memiliki aktivitas sebagai immunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Efek inilah yang bermanfaat dalam pencegahan dan membantu dalam pemulihan dari virus Corona.

Selain itu, jahe merah juga memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan. Secara umum, virus Corona memiliki gejala peradangan berlebih pada paru-paru. Aktivitas antiinflamasi yang dimiliki oleh jahe merah dapat meredakan gejala tersebut.***dian
.

Comments

comments