Berbagai Kiat Pengusaha Siasati Pandemi

Ilustrasi-Perajin batik sedang menyelesaikan pekerjaannya./Foto: karyakreatifindonesia.co.id

Acuantoday.com, Jakarta – Survei Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, dunia usaha melakukan adaptasi usaha saat pandemi untuk tetap dapat beroperasi. Perusahaan melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan tenaga kerjanya.

“Pemutusan hubungan kerja (PHK) merupakan langkah terakhir yang diambil pelaku usaha,” kata Kepala BPS Suhariyanto saat menggelar konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa (15/9).

Suhariyanto memaparkan, sebanyak 30 persen usaha mikro kecil (UMK) dan 47 persen usaha menengah besar (UMB) melakukan pengurangan jam kerja untuk tetap mempertahankan tenaga kerjanya meskipun aktivitas perusahaan sangat terdampak oleh pandemi.

Kemudian, cara lain yang dilakukan pelaku usaha adalah diversifikasi usaha, baik dalam bentuk penataan jenis produk, maupun berpindah ke usaha lain.

Dari survei BPS, sebanyak 16 persen UMK dan 11 persen UMB cenderung melakukan diversifikasi usaha selama pandemi untuk bertahan.

Suhariyanto menambahkan, BPS juga melakukan survei terkait pemasaran online. Hasilnya, 83 persen UMK dan 79 persen UMB mengakui adanya pengaruh positif dalam penggunaan media online untuk pemasaran.

“Jadi ke depan yang mungkin diperlukan adalah kita perlu memberikan training yang lebih intensif untuk pelaku usaha terutama UMK,” pungkas Suhariyanto. (mad)

Comments

comments