Berbagai Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi kaki bengkak-- sumber foto medicalnewstoday.com

Acuantoday.com— Tiba-tiba tanpa sebab, kaki Anda bengkak. Tentu Anda gelisah dan bertanya-tanya penyebabnya. Ginjalkah? Jantung? Atau penyebab yang lain. Beberapa kondisi kesehatan ini mungkin bisa menjadi jawabannya.

Mengutip healthline, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bengkak pada kaki.

Edema

Edema atau busung adalah kondisi umum saat kelebihan cairan terperangkap di jaringan tubuh Anda. Hal ini menyebabkan pembengkakan dan pembengkakan jaringan tepat di bawah kulit di kaki, pergelangan kaki, dan tungkai. Itu juga bisa mempengaruhi tangan dan lengan Anda.

Gejala lainnya termasuk: kulit meregang atau saat kita menekan tangan/kaki kemudian kita lepas, namun bekas tekanan kita tetap ‘dekok’ atau lama kembali seperti semula. Jika itu edema ringan maka kondisi akan pulih dengan sendiri. Tapi jika cukup serius maka kita harus segera ke dokter.

Ada beberapa pilihan pengobatan di antaranya; mengurangi asupan garam, berbaring dengan kaki lebih tinggi dari jantung Anda, berlatih pose kaki-ke-dinding,  memakai stoking pendukung, minum obat diuretic

Cedera

Cedera kaki dan pergelangan kaki menyebabkan pembengkakan.Temui dokter Anda jika terasa sangat sakit.

Kehamilan

Kaki bisa membengkak sebagai bagian alami dari kehamilan karena tubuh wanita menahan lebih banyak air saat mereka sedang hamil. Ini biasanya bukan pertanda masalah bagi ibu atau bayi, tetapi bisa jadi tidak nyaman.

Preeklamsia

Banyak calon ibu memiliki kaki bengkak. Jika pembengkakan tersebut disertai dengan sakit kepala, mual, kesulitan bernapas, atau sakit perut, itu bisa menjadi tanda dari kondisi ini. Preeklamsia tidak dimulai sampai setidaknya 20 minggu setelah kehamilan dan dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Ini dapat merusak hati atau ginjal Anda dan bisa menjadi serius jika tidak ditangani. Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda jika Anda pernah mengalami gejala-gejala ini.

Limfedema

Ini terjadi ketika satu atau lebih kelenjar getah bening Anda – kelenjar kecil yang merupakan bagian dari sistem kekebalan Anda – rusak atau diangkat, seperti yang sering terjadi selama pengobatan kanker. Akibatnya, tubuh Anda mengeluarkan lebih sedikit cairan, dan itu bisa menyebabkan pembengkakan di lengan, tungkai, dan kaki Anda.

Ini juga dapat terjadi akibat kerusakan pembuluh limfatik atau kelainan lain pada sistem limfatik. Salah satu pengobatan untuk ini disebut kompresi pneumatik. Anda mengenakan selongsong di area yang terkena, dan udara dipompa ke dalamnya sesering mungkin untuk memberi tekanan di sana dan membantu memindahkan cairan. Latihan, pijat, dan lengan atau kaus kaki kompresi juga dapat membantu.

Insufisiensi Vena Kronis

Untuk kembali ke jantung Anda dari tungkai dan kaki Anda, darah mengalir dalam pembuluh darah dengan “katup satu arah” agar tidak mengalir kembali. Katup ini dapat rusak seiring bertambahnya usia atau jika Anda berdiri atau duduk dalam waktu yang lama. Kerusakan katup juga bisa disebabkan oleh pembekuan darah. Jika darah Anda tidak kembali ke jantung seperti seharusnya, darah dapat terkumpul di kaki dan menyebabkan pembengkakan.

Gagal jantung

Ini adalah saat jantung Anda tidak memompa darah seperti seharusnya. Jika darah Anda tidak mengalir dengan baik ke arah yang benar, darah dapat kembali ke tungkai dan menyebabkan pembengkakan. Dengan gagal jantung, mungkin tidak nyaman untuk berbaring telentang, jantung Anda mungkin berdetak lebih cepat atau dalam ritme yang tidak biasa, dan Anda mungkin kesulitan mengatur napas. Dapatkan bantuan medis segera jika Anda melihat tanda-tanda ini.

Penyakit ginjal

Ginjal Anda menyaring limbah dari darah Anda. Jika tidak berfungsi dengan benar – karena kondisi seperti diabetes atau tekanan darah tinggi – terlalu banyak garam (natrium) dapat tertinggal dalam darah Anda. Itu membuat tubuh Anda menahan lebih banyak air dari yang seharusnya. Gravitasi menarik air ke bawah, dan kaki serta pergelangan kaki Anda bisa membengkak.

Penyakit hati

Jika Anda menderita hepatitis (peradangan di hati Anda) atau Anda banyak minum, hati Anda harus memperbaiki dirinya sendiri berulang kali. Itu dapat menyebabkan jaringan parut menggantikan jaringan yang sehat, dan hati Anda dapat berhenti bekerja sebagaimana mestinya. Jika itu terjadi, terlalu banyak cairan bisa menggenang di perut, tungkai, dan kaki Anda, membuatnya membengkak.

Yang Dapat Anda Lakukan: Kompres

Melakukan kompres dengan es. Ini paling berguna untuk keseleo dan patah tulang, tetapi dapat membantu jika kaki Anda bengkak karena alasan lain juga. Jika Anda beristirahat dan mengangkat kaki (meninggikannya), cairan akan mengalir menjauh dari kaki Anda. Es membuat pembuluh darah lebih sempit – membatasi aliran darah – dan membantu mengatasi rasa sakit. Kaus kaki ekstra ketat khusus yang disebut kaus kaki kompresi, atau yang membungkus kaki Anda, dapat membantu mendorong cairan menjauh dari kaki Anda.

Yang Dapat Anda Lakukan: Bergerak

Jika Anda berjalan-jalan setiap satu jam atau lebih, itu akan mempersulit cairan untuk berkumpul di satu tempat dan membuat darah Anda terus bergerak ke seluruh tubuh Anda. Apa pun yang menggerakkan lutut dan melenturkan pergelangan kaki dapat membantu.

Yang Dapat Anda Lakukan: Pengobatan

Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, diabetes, dan peradangan dapat membuat tubuh menahan terlalu banyak air, dan dapat membuat kaki Anda membengkak. Obat lain yang disebut diuretik dapat meredakan pembengkakan – obat ini membantu tubuh membuang cairan dengan membuat Anda lebih sering buang air kecil. Selalu bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengganti atau menghentikan pengobatan Anda.

Kapan Menghubungi Dokter Anda

Dapatkan bantuan medis segera jika kaki Anda bengkak dan Anda sesak napas atau mengalami nyeri dada. Ini bisa menjadi tanda adanya cairan atau pembekuan darah di paru-paru Anda. ***dian

Comments

comments