Berbusana Adat, Jokowi Ajak Cintai Produk Indonesia

Presiden Jokowi saat memimpin upacara di Istana, Merdeka Senin (17/8/2020).(Biro Pers Setpres)

Acuantoday.com, Jakarta –– Presiden Joko Widodo mengenakan busana adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),  saat memimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Senin, 17 Agustus 2020.

Motif tenun yang dikenakan Presiden tersebut telah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batang tengah yang menggambarkan sumber air dan bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah yang berbukit dan berkelok-kelok. Sementara warna merah dalam busana tersebut melambangkan keberanian dengan ikat kepala yang bermakna raja yang melindungi.

Pada upacara Detik-Detik Proklamasi tahun-tahun sebelumnya,  Jokowi juga mengenakan busana adat dari berbagai daerah. Tahun lalu, misalnya, dalam HUT ke-74 Republik Indonesia, Jokowi mengenakan busana adat khas Klungkung,  Bali.

Sementara saat menyampaikan pidato kenegaraan di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, 14 Agustus 2020 kemarin, Jokowi mengenakan busana adat khas Sabu, Nusa Tenggara Timur.

“Presiden hendak mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk Indonesia yang dikenal kaya akan seni kriya, tenun, serta kebudayaan Nusantara,”ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. (Agus)

 

Comments

comments