Berkoalisi dengan Demokrat, Bupati Terpilih Sabu Raijua Kader PDIP

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Djarot Saiful Hidayat. (Foto : istomewa)

Acuantoday.com, Jakarta – Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengakui, Bupati terpilih Sabu Raijua, Orient P Riwu Kore merupakan kader PDI Perjuangan yang diusung berkoalisi dengan kader Partai Demokrat Thobias Uly sebagai Wakil Bupati.

“Paslon Orient P Riwu Kore dan Thobias Uly diusung oleh koalisi lintas partai. Yaitu Partai Demokrat yang menempatkan kader PD Thobias Uly sebagai calon Wakil Bupati, dan Orient P Riwu Kore selaku kader PDIP sebagai calon Bupati,” kata Kamhar kepada wartawan, Rabu (3/2).

Dikatakan Kamhar, persoalan kewarganegaraan Orient P Riwu Kore sebagai warga negara Amerika Serikat (AS) sudah diketahui sebelumnya oleh pihaknya. Saat itu, pihaknya langsung menghubungi Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi NTT terkait persoalan ini.

“Kami menindaklanjuti dan meminta klarifikasi kepada Jefri Riwu Kore yang merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi NTT mengingat proses penjaringan yang kami lakukan secara berjenjang mulai dari DPC untuk Pilkada kabupaten/kota,” ucapnya.

Menurut Kamhar, dirinya mendapat konfirmasi bahwa kewarganegaraan Orient P Riwu Kore tidak ganda. Untuk itulah, Kamhar mengajukan permohonan rekomendasi ke Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Setelah mendapat penjelasan dari Ketua DPD PD Provinsi NTT tentang prospek koalisi PDIP dan Partai Demokrat pada Pilkada Sabu Raijua, termasuk penjelasan kewarganegaraan Orient Riwu Kore yang tak ganda, maka Bappilu mengajukan permohonan rekomendasi kepada Mas Ketum AHY,” jelasnya.

Kini, Kamhar menyerahkan persoalan itu kepada pihak berwenang. Kamhar akan menghormati mekanisme yang ada sesuai aturan yang berlaku.

“Menyikapi perkembangan terbaru tentang isu kewarganegaraan ini, Partai Demokrat menghormati dan patuh pada regulasi yang mengatur Pilkada. Tentunya dengan tetap memperhatikan hak-hak hukum dari yang bersangkutan,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu Sabu Raijua mengungkap bupati terpilih Sabu Raijua, Orient P Riwu Kore, masih berstatus warga negara Amerika Serikat (AS). Bawaslu mendapat konfirmasi dari Kedutaan Besar (Kedubes) AS. (rht)

Comments

comments