Bertemu BPK, Oded Yakin Pengelolaan Keuangan di Pemkot Bandung Akuntabel

Wali Kota Bandung Oded M Danial bertemu dengan Ketua BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat Agus Khotib.

Acuantoday.com, Bandung – Jelang pemeriksaan keuangan daerah, Wali Kota Bandung Oded M Danial bertemu dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Selasa (2/2).

Oded mengaku telah meminta seluruh jajarannya agar telaten dalam mengelola keuangan daerah. Dia yakin pengelolan keuangan di Pemkot Bandung akuntabel atau dapat dipertanggung jawabkan.

“Saya sudah minta kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) beserta jajaran memberikan pelayanan yang terbaik untuk publik dalam hal tata kelola keuangan dan pembangunan,” ujar Oded.

Menghadapi pemeriksaan interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkot Bandung tahun anggaran 2020 oleh BPK, Oded juga menyatakan telah siap dan akan melengkapi dokumen.

“Berbagai dokumen yang dibutuhkan akan segera disiapkan. Saya minta ke jajaran jangan ada yang berleha-leha. Karena dengan waktu yang sangat terbatas tentu saja dibutuhkan akurasi data,” tutur Oded.

Rencananya, pihak BPK akan memeriksa keuangan daerah pada 1 Maret hingga 31 Maret 2021. Tak hanya di Kota Bandung, pemeriksaan juga dilaksanakan di 28 entitas di wilayah Provinsi Jawa Barat yaitu 9 tingkat Pemkot, dan 18 Pemkab.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jabar Agus Khotib mengungkapkan, ada 3 poin yang menjadi tujuan pemeriksaan BPK atas laporan keuangan di Pemkot Bandung.

Agus Khotib menjelaskan ketiga poin itu diantaranya menilai efektifitas Sistem Pengendalian Intern (SPI), pengujian substansi beberapa akun, serta tindak lanjut atas hasil pemeriksaan terdahulu.

Agus berharap, seluruh Kepala Dinas beserta segenap jajarannya untuk berhati-hati terhadap adanya permintaan dana dari pihak yang mengatasnamakan BPK dan melaporkannya untuk ditindak lanjuti.

“Kami ingin seluruh OPD mendukung di proses pemeriksaan inj agar kami tetap menjalankan independensi dan integritas. Jika ada pihak BPK meminta laporan dana keuangan segera proses,” katanya.(dila)

Comments

comments