Stafsus Billy Mambrasar Dukung Gubernur Mandacan Perjuangkan Orang Asli Papua Jadi ASN  

Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar, mengadakan pertemuan dengan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, di Hotel Aston Niu, Manokwari, Rabu petang(3/2). Foto: Ist

 Acuantoday.com, Manokwari – Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar, mendorong  diprioritaskannya orang asli Papua (OAP) dalam penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Papua Barat.

“Dalam pertemuan dengan Gubernur Papua Barat tadi  kami antara lain bicara masalah itu. Kami sepakat itu orang asli Papua harus mendapat  prioritas dalam rekruting ASN,” kata Billy seusai menggelar pertemuan dengan  Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, di Manokwari, Rabu petang (3/2).

Billy mengatakan, masalah proporsionalitas orang asli Papua dalam penerimaan ASN di bumi Papua merupakan isu lama yang tak kunjung tuntas. Karena itu ia berupaya mendorong agar masalah itu segera dipecahkan, tidak berlarut – larut.

“Jika dibiarkan, Ini persoalan sensitif  yang bisa memicu masalah yang lebih luas,” ujarnya.

Menurut Billy, Gubernur Dominggus Mandacan telah sepakat segera menyelesaikan  masalah itu. Ke depan, dalam rekruting ASN di Papua Barat orang Asli Papua bakal mendapat prioritas.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan telah memberi porsi 80 persen untuk warga asli Papua dalam penerimaan  ASN.

Tapi, menurut Tyahyo, quota itu sering disalahgunakan oleh beberapa oknum pejabat.

Selain masalah orang asli Papua dalam rekruting ASN, menurut Billy, sejumlah isu penting terkait  Papua Barat juga dibahas dengan pertemuannya dengan Gubernur Dominggus Mandacan.

“Kami juga berbicara serius mengenai rencana pembentukan Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua  dan Papua Barat,” kata Billy. (Bram)

 

Comments

comments