Besok, 31 Daerah di Jateng akan Vaksinasi Serentak

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo. (Foto: Humas Prov Jateng)

Acuantoday.com, Semarang – 31 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dipastikan akan melaksanakan vaksinasi perdana pada Senin (25/1) esok.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo saat menggelar konferensi pers secara daring pada Minggu (24/1) siang.

Sebelumnya, tiga daerah di Jawa Tengah yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Surakarta telah melaksanakan vaksinasi perdana pada 14 Januari lalu dengan ditandai vaksin pertama terhadap Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah.

Saat ini sebetulnya masih menyisakan 32 kabupaten/kota yang belum menerima vaksin, namun khusus Kabupaten Wonogiri baru akan dimulai pada Selasa (26/1) lusa dikarenakan suatu hal.

“Sudah terkirim ke kabupaten kota, diharapkan sudah selesai semuanya. Tinggal beberapa kabupaten atau kota, tapi harapannya diselesaikan pada hari ini,” tutur Kadinkes Jateng, Yulianto Prabowo.

Yuli juga menambahkan bahwa proses vaksinasi di 32 kabupaten/kota telah dibuatkan surat edaran secara resmi oleh Plh Sekda Provinsi Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo. Seperti sebelumnya, Forkopimda dan tokoh masyarakat di daerah akan divaksin pertama untuk kemudian dilansanakan penyuntikan bagi para tenaga kesehatan.

“Maksimal 10 orang untuk divaksin pertama kali yakni, bupati atau walikota, ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kajari, Kadinkes, tokoh agama, tokoh kesehatan dan tokoh masyarakat. Setelah tokoh-tokoh itu, dilanjutkan dengan nakes di daerah masing-masing, pada hari Senin,” imbuh Yuli.

Terkait progres vaksinasi termin pertama atau tahap satu untuk 32.973 nakes hingga kini telah mencapai 54,6 persen. Data per 24 Januari menunjukan, 19.790 orang telah mendapat suntik vaksin.

Di termin pertama atau tahap satu, Jateng mendapat 62.560 dosis vaksin, yang didistribusikan ke tiga wilayah yakni, Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Surakarta.

Sementara di termin kedua kali ini, Jateng mendapat sebanyak 248.600 dosis vaksin Sinovac yang tiba pada Sabtu lalu di Gudang Penyimpanan Dinkes Jateng, Semarang.(Alvin)

Comments

comments