Besok, Gedung Nusantara I DPR RI di-Lockdown

Gedung Nusantara I DPR RI./Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Terhitung mulai Senin besok, 12 Oktober hingga 8 November 2020, Gedung Nusantara I DPR RI akan ditutup untuk umum. Keputusan lockdown gedung DPR RI itu berbarengan dengan masa reses hingga 8 November 2020 mendatang.

“Atas nama Pimpinan DPR, saya mengumumkan kepada seluruh rakyat Indonesia, mulai tanggal 6 Oktober 2020 sampai dengan tanggal 8 November 2020 DPR memasuki Masa Reses Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020-2021,” kata Puan dalam pidatonya, Senin (5/10) malam.

Dari pantauan di lapangan sejak Minggu siang (10/11) pihak Kesetjenan DPR RI terus melakukan kegiatan sterilisasi ruang anggota DPR dan hamour semua sudut ruangan di Gedung Nusantara I DPR RI.

Keputusan menutup gedung Nusantara I DPR RI dan sterilisasi gedung tersebut dilakukan pasca tertularnya 18 anggota dan puluhan staf di Kesetjenan DPR RI yang dinyatakan positif terpapar virus corona.

Gedung Nusantara I Kompleks DPR yang berjumlah 21 lantai itu selama ini digunakan oleh 570 anggota sebagai ruang kerja anggota DPR serta ruang fraksi-fraksi DPR yang berjumlah 9 fraksi. Sedangkan di lantai 1 gedung tersebut digunakan sebagai ruang rapat Komisi VI, Komisi VIII, Komisi VIII, Komisi X dan Komisi XI.

Selain itu, juga di gunakan sebagai ruang rapat Badan Legislasi dan ruang rapat sejumlah fraksi.

Di dalam kompleks MPR/DPR/DPD RI sendiri terbagi menjadi beberpa bagian mulai dari Gedung Nusantara (Gedung Kura-kura), Gedung Nusantara I hingga Gedung Nusantara V.

Selain itu, masih juga terdapat Gedung Perpusatakaan, serta Gedung Kesetjenan MPR/DPR dan DPD RI.

Sebelumnya, Sekjen DPR RI, Indra Iskandar mengatakan gedung Nusantara I DPR RI akan ditutup mulai Senin 12 Oktober hingga 8 November 2020.

“Karena berkaitan dengan sterilisasi ruang anggota dewan tentu yang akan kita lockdown mulai Senin nanti adalah zonasi nusantara I,” ungkap Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Sementara, hingga menunggu hari penutupan gedung pada Senin pekan depan, DPR RI setiap harinya bakal terus lakukan penyemprotan disinfektan. Karena menurutnya, staf administrasi dewan ini masih harus mengurus berbagai administrasi, maka aktivitas tersebut tidak bisa dihindari.(har)

Comments

comments