Besok Komjen Pol. Listyo Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan

Kabareksrim Polri Komjen Pol, Listyo Sigit Prabowo dala jumpa pers terkat kasus penembakan enam pengawal Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab di Mapolda Metro Jaya, Kamis (10/12/2020).

Acuantoday.com, Jakarta- Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo resmi diusulkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon Kapolri gantikan Jenderal Pol. Idham Azis. Usulan nama Komjen Pol. Listyo Sigit resmi diserahkan hari ini, Rabu (13/1) ke pimpinan DPR RI oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry memastikan bahwa Senin (18/1) besok Komjen Pol. Listyo Sigit akan dipanggil ke DPR untuk membuat makalah dan besoknya, Selasa (19/1) mengikuti tes uji kelayakan.

“Hari Senin calon Kapolri akan diundang ke Komisi III DPR untuk membuat makalah selama 1-2 jam, lalu hari Selasa (dilakukan uji kelayakan dan kepatutan,” kata Herman Hery kepada wartawan, Rabu (13/1).

Dikatakan Herman Herry, Komisi III DPR RI akan menggelar rapat dengar dengar pendapat umum (RDPU) dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) pada, Kamis (14/1) besok.

Lebih jauh politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, uji kelayakan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri akan dilakukan dengan mekanisme 2×2,5 jam, yang akan dimulai pada, Selasa (19/1) pukul 10.00 WIB.

“Uji kelayakan akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan pola 2×2,5 jam. Jadi pukul 10.00 WIB dimulai sampai 12.30 WIB, dilanjutkan istirahat dan pukul 14.00 WIB dimulai kembali hingga 16.30 WIB,” jelasnya.

Diketahui, Surat Presiden (Surpres) tentang nama calon Kapolri atas nama Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo. Surpres tersebut bernomor: R-02/Pres/01/2021 dan disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Parlemen, dan diterima oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan jajarannya. (rht)

Comments

comments