BI Berikan 2.200 Beasiswa, Ini Sasarannya

Logo of Bank Indonesia. /Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Bank Indonesia (BI) memberikan beasiswa kepada 2.200 mahasiswa dari 39 perguruan tinggi negeri ataupun swasta di Indonesia. Pemerintah ini dimaksudkan untuk tiga tujuan besar yang ingin dicapai BI, untuk mencetak SDM Indonesia yang unggul.

Para penerima beasiswa itu diharapkan, pertama menjadi frontliners, yaitu sebagai garda terdepan dalam mengkomunikasikan BI secara kelembagaan dan berbagai kebijakan BI kepada sesama mahasiswa dan masyarakat umum

Kedua, change agents, menjadi agen perubahan dengan cara menjadi role model atau teladan di kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

Ketigafuture leaders, yaitu menjadi pemimpin muda di berbagai bidang dan tingkatan. 

Demikian disampaikan Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono, dalam Program Dedikasi untuk Negeri: Penyerahan Beasiswa BI Tahun 2020 secara virtual, di Jakarta, Rabu  (30/9) ini. 

Sejak tahun 2011 hingga saat ini, BI telah bekerja sama dengan 175 Perguruan Tinggi. Jumlah penerima beasiswa mencapai lebih dari 25.000 mahasiswa di seluruh Indonesia. 

Penyerahan beasiswa merupakan bagian dari fokus utama program dedikasi untuk negeri dalam pengembangan kapasitas SDM unggul termasuk di antaranya, peningkatan kapasitas SDM dalam merespons era digital yang diharapkan dapat meningkatkan angka partisipasi pendidikan.

Kemudian, meningkatkan indeks pembangunan manusia guna meningkatkan daya saing bangsa melalui SDM yang kreatif, mandiri, produktif, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi serta mampu berperan dalam pemberdayaan masyarakat.

“Penerima beasiswa akan tergabung dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) dan mendapatkan berbagai pembekalan terkait dengan peningkatan kompetensi,” kata Doni.

Peningkatan kompetensi itu adalahi pelatihan, seminar baik nasional maupun internasional, serta diikutsertakan dalam berbagai kegiatan BI. 

Dengan semangat Dedikasi Untuk Negeri, lanjut dia, BI berkomitmen untuk senantiasa mendukung kemajuan dunia pendidikan di Indonesia dalam membangun SDM yang unggul, andal, dan kompeten untuk Indonesia Maju. (adi)

Comments

comments