BI Siapkan Rp1,7 Triliun untuk Penukaran Uang Lebaran di Kaltara

Pekerja membawa uang rupiah di cash center Bank Mandiri, Jakarta, Selasa (27/9)./Foto: Antara

Acuantoday.com, Tarakan- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Utara telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,7 triliun untuk melayani kebutuhan penukaran uang masyarakat se-Kalimantan Utara selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Jumlah yang disediakan pada tahun ini meningkat sekitar Rp1,1 triliun atau 135 persen jika dibandingkan dengan uang yang disiapkan selama Ramadhan dan Idul Fitri 2020 yang sebesar Rp760,3 miliar,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara, Yufrizal di Tarakan, Kamis (6/5/2021).

Selain itu, KPwBI Kaltara juga menyiapkan uang tunai untuk seluruh pecahan yang dibutuhkan masyarakat yang meliputi Uang Kertas (UK) maupun Uang Logam (UL) mulai dari pecahan Rp100.000 sampai Rp100.

Selanjutnya, terkait dengan penukaran uang baru KPwBI Kaltara bekerjasama dengan 34 kantor cabang perbankan di Kaltara tetap membuka pelayanan penukaran uang baru kepada masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 2021 tanpa dipungut biaya.

“Untuk mekanisme penukaran, masyarakat dapat langsung datang ke kantor cabang perbankan terdekat pada jam layanan dan melakukan penukaran uang sesuai dengan yang dibutuhkan,” kata Yufrizal.

Masyarakat dapat melakukan penukaran uang kertas dan uang logam pecahan Rp20.000 ke bawah.

“Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara secara teratur melakukan dropping dan penarikan uang pada tiga Kas Titipan Bank Indonesia yakni Tanjung Selor, Malinau dan Nunukan sesuai kebutuhan,” katanya.(dito)

Comments

comments