BidenTunjuk Kepala Kejaksaan California Sebagai Menkes

Presiden terpilih AS, Joe Biden/Foto:Reuters

Acuantoday.com, Wilmington – Presiden Amerika Serikat(AS) terpilih, Joe Biden, akan menunjuk kepala kejaksaan California, Xavier Becerra, sebagai menteri kesehatan.

Biden kemungkinan akan mengumumkannya Senin waktu setempat. Demikian keterangan dari sumber yang dekat dengan tim transisi pemerintah.

Becerra, 62, merupakan seorang warga AS keturunan Amerika Latin yang pernah menjabat sebagai anggota kongres. Terpilihnya Becerra diyakini buah dari desakan masyarakat, utamanya dari Kaukus Bangsa Hispanik, yang meminta Biden menempatkan lebih banyak perwakilan dari bangsa Latin ke dalam kabinetnya.

Becerra akan mengisi posisi menteri kesehatan saat AS menghadapi lonjakan kasus positif COVID-19. Korban jiwa akibat COVID-19 di AS sejauh ini telah melewati angka 2.000 orang per harinya. Becerra juga akan memimpin kementerian kesehatan saat AS akan memulai vaksinasi COVID-19.

Sejauh ini, sumber yang mengetahui penunjukan Becerra menolak disebut namanya karena keputusan resmi belum diumumkan oleh Biden.

Biden diyakini akan mengumumkan beberapa nama menterinya sebelum ia resmi menjabat sebagai presiden AS pada 20 Januari 2021. Sejauh ini, Biden telah mengumumkan penasihat keamanannya dan beberapa pejabat di lembaga ekonomi.

Biden terus menjalankan berbagai kegiatan transisi meskipun Presiden Donald Trump menolak hasil pemilihan umum pada 3 November 2020. Namun, puluhan gugatan yang dilayangkan Trump telah ditolak oleh pengadilan.

Becerra diketahui sebagai sosok yang mendukung Undang-Undang Layanan Kesehatan Terjangkau (ACA) — salah satu kebijakan utama Presiden Barack Obama. Kepala kejaksaan California itu berperan penting dalam upaya pengesahan UU ACA saat ia menjabat sebagai anggota kongres. Selama ia menjabat sebagai kepala kejaksaan, Becerra juga berupaya mempertahankan UU ACA — atau yang juga dikenal dengan Obamacare — dari berbagai gugatan hukum di pengadilan, termasuk di antaranya di Mahkamah Agung bulan lalu.

“Biden memenuhi janjinya membentuk kabinet yang menunjukkan keanekaragaman,” kata Wali Kota Long Beach, Robert Garcia. Ia merupakan teman dekat Becerra dan Biden.

Garcia mengatakan Becerra memiliki rekam jejak yang baik di bidang kesehatan. “Saya pikir, (penunjukkan dia, red) lebih dari itu. Presiden terpilih memilih seseorang yang punya integritas dan intelektualitas yang tinggi,” kata Garcia. (Ira/Ant/Reuters)

Comments

comments