Brimob Nusantara Siap Kawal Demo Lanjutan UU Cipta Kerja Besok

Ilustrasi - Apel Pasulan gabungan dari PIlri dan TNI dalam mengamnakan situsi di Ibukota./Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Mabes Polri mengantisipasi rencana aksi demonstrasi lanjutan penolakan Undang-undang Cipta Kerja dengan mendatangkan kembali anggota Brimob Nusantara ke Jakarta hari ini, Senin (12/10).

Antisipasi dilakukan menyusul rencana aksi demo lanjutan menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja pada Selasa besok, 13 Oktober 2020.

Pasukan Brimob Nusantara merupakan sebutan Anggota Brimob yang dikirim dari berbagai daerah ke Ibukota. Pasukan tersebut dikirim untuk menambah kekuatan personel Polda Metro Jaya yang berada dalam Bawah Kendali Operasi (BKO) untuk pengamanan demo lanjutan besok.

Persiapan mengantisipasi demo lanjutan pada besok tersebut dapat terlihat dari simulasi dan apel yang dihadiri Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sudjana serta Panglima Komando Daerah Militer Jaya / Walikota Jayakarta Jenderal Dudung Abdurachman di kawasan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (12/10).

Sebanyak 2.000 personel gabungan turut serta dalam apel tersebut.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Nana Sudjana mengatakan pasukan gabungan Polri dan TNI akan berpatroli keliling DKI. Kemudian terdapat personel yang akan berjaga di titik tertentu seperti kawasan Kompleks Parlemen, Senayan, juga di Kawasan Silang Monas yang berdekatan dengan Istana Negara Jakarta.

“Ini dalam rangka memberikan kenyamanan kepada masyarakat, khususnya yang terkait dengan tanggal 8 Oktober kemarin, pelaksanaan tindakan beberapa komponen masyarakat mengarah pada anarkisme, perusakan dan pembakaran beberapa fasilitas dan perkantoran di DKI ini,” ucap Kapolda Nana Sudjana dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono mengatakan, total personel yang dikerahkan sebanyak 7.500 orang tambahan yang dikirim ke Jakarta.

Gelombang l telah dikirim pada 5 Oktober, gelombang II hari ini tanggal 12 Oktober 2020 dengan kekuatan total BKO Brimob Nusantara sebesar 7.500 orang, sedangkan BKO Polda Jabar sebanyak 200 orang.

Aksi demo lanjutan diketahui akan digelar Aliansi Nasional Anti Komunis (ANAK) NKRI, yang salah satunya adalah Persaudaraan Alumni (PA) 212. Aksi demo mereka namanya Aksi 1310.

Ketum PA 212, Slamet Maarif, mengatakan aksi ini nantinya akan dilakukan pada 13 Oktober 2020, dimulai pukul 13.00 WIB serta dihadiri ribuan orang.(har)

Comments

comments