Bruxisme tak Ada Obatnya tapi Dapat Dikendalikan, Ini Caranya

Ilustrasi tidur--sumber foto kerrybloomdds.com

Acuantoday.com— Kebiasaan menggeretak gigi atau bruxisme tidak ada obatnya. Namun begitu ada strategi yang bisa membantu untuk meringankan sehingga tidak berkembang menjadi masalah serius. Yang pasti, kita harus datang ke dokter untuk mengkonsultasikannya.

Dikutip dari livestrong, inilah beberapa cara untuk mengatasi masalah menggeretak gigi.

1.Kenakan Pelindung Mulut

Pelindung mulut atau belat gigitan adalah rekomendasi untuk bruxism, kata Dr. Barnett.

“Bagi banyak pasien, ini akan membantu. Itu tidak menghentikan atau menyembuhkan bruxism, tetapi akan melindungi gigi Anda,” katanya. Dan itu juga mengurangi gejala yang menyertai bruxism seperti nyeri otot, kerusakan gigi dan masalah TMJ, ujarnya.

Pelindung mulut tanpa resep tersedia di toko obat. Opsi rebus-dan-gigit ini cukup mudah digunakan: Anda akan meletakkan pelindung mulut plastik dalam air mendidih, mengangkatnya dengan penjepit, lalu menggigitnya setelah agak dingin, Dr. Barnett menjelaskan.

Anda juga bisa memakai pelindung mulut dari dokter gigi Anda yang akan dibuat dari bahan akrilik yang lebih keras, katanya.

2.Ubah Cara  Mengatup Mulut dan Rahang

Orang yang mengatupkan dan mengertakkan rahang saat bangun agar menyadari kebiasaannya dan mengubahnya.

Untuk melakukan ini, Anda harus bisa mengidentifikasi tanda-tanda bahwa Anda mungkin terkena  bruxism, kata Dr. Barnett. “Begitu Anda merasakan ketegangan pada otot, itu tandanya Anda harus segera rileks,” ujarnya.

Aturan umumnya adalah ketika Anda tidak makan (atau berbicara), Anda ingin mulut Anda tertutup, gigi terlepas dan lidah diletakkan di belakang gigi depan, menurut Cleveland Clinic.

3.Kurangi Stres

Stres adalah faktor risiko bruxisme, jadi disarankan untuk menggunakan taktik untuk mengurangi tingkat stres Anda, menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional A.S. Pertimbangkan meditasi, kata Dr. Barnett. Terapi juga dapat membantu orang dengan bruxisme terkait kecemasan, menurut Mayo Clinic.

4.Pertimbangkan Pengobatan

Jika gemeretak gigi itu menyebabkan rasa sakit – seperti sakit kepala dan sakit wajah – Dr. Silva merekomendasikan untuk minum obat antiinflamasi yang dijual bebas, seperti ibuprofen. Dokter gigi Anda mungkin juga merekomendasikan pelemas otot atau suntikan botox, menurut Mayo Clinic.

Dan jika salah satu obat Anda memicu bruksisme sebagai efek samping, sebaiknya tanyakan rekomendasi pengobatan lain kepada dokter Anda.

5.Lakukan Beberapa Perubahan Pola Makan

Ada hubungan antara menggemeretakkan gigi dan meminum alkohol, merokok, dan mengonsumsi kafein, menurut tinjauan sistematis Agustus 2016 di Journal of American Dental Association.

Jadi, mengurangi kafein dan alkohol sebelum tidur dapat membantu, menurut Klinik Cleveland. (Dan pertimbangkan juga untuk berhenti merokok.)

Silva juga memberi tahu pasien untuk menghindari mengunyah permen karet. Dan jika mereka kesulitan untuk mengunyah atau membuka mulut dengan nyaman, dia merekomendasikan diet makanan lunak (Misalnya;  kentang tumbuk, pisang, dll.) Untuk memberi waktu pada otot untuk pulih.***dian

Comments

comments