Budi Gunadi Sadikin, “Pakar” Perbankan Bos Baru Kementerian Kesehatan

Acuantoday.com, Jakarta – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Budi Gunadi Sadikin,  dipercaya Presiden Jokowi untuk mengendalikan Kementerian Kesehatan, menggantikan Terawan Agus Putranto.

Budi, alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB), akan tercatat sebagai menteri kesehatan yang tidak  berlatar belakang  pendidikan kedokteran .

Pria kelahiran 8 Juli 1964 itu meraih  gelar sarjana untuk bidang fisika nuklir dari ITB pada 1988.

Ia mendapat sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultat (CHFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute pada 2004.

Jokowi lagi – lagi melakukan terobosan memilih menteri kesehatan bukan dari kalangan dokter, sesuatau yang  menyimpang dari “pakem.”

Sehari sebelum Jokowi mengumumkan penempatan Budi sebagai menteri kesehatan pada Selasa sore, social media sudah riuh membincangkanya. Entah siapa yang membocorkan.

Sebelum menjabat sebagai wakil Menteri BUMN,  Budi pernah menjadi Direktur Utama PT Inalum.

Budi juga dikenal sebagai profesional yang sarat jam terbang di perbankan.

Pada  tahun 1988 Budi memulai karirnya dengan menjadi staff teknologi informasi IBM Asia Pasifik, Tokyo, Jepang.

Ia lalu dipindah ke IBM Indonesia, jabatan terakhirnya System Integration & Professional Services Manager.

Budi juga pernah menjajabat di Bank Bali  sebagai General Manager Electronic Banking wilayah Jakarta dan Chief General Manager Human Resources.

Dari Bank Bali, Budi pindah ke ABN Amro Bank Indonesia lalu ke Bank Danamon, menjabat sebagai Executive Vice President Consumer Banking dan Direktur di Adira Quantum Multi Finance.

Pada tahun 2006, Budi bergabung  ke PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebagai Direktur Micro & Retail Banking. Pada tahun 2013, ia diangkat menjadi Direktur Utama Bank Mandiri hingga 21 Maret 2016.

Berikutnya  ia menjadi Staf Khusus Menteri BUMN. Baru pada  2017, Budi menjadi Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)  atau Inalum dan pada 14 September 2017   menjabat Direktur Utama.

Selanjutnya pada 1999,  Budi kembali ke Kementerian BUMN karena Presiden Jokowi menunjuknya sebagai  wakil menteri. Dan, Rabu (23/12) besok Budi akan dilantik sebagai menteri kesehatan.

Orang kebanyakan mungkin akan mengingat Budi Gunadi Sadikin sebagai bankir. Karena ia pernah satu dasa warsa berkarya di Bank Mandiri. (bam)

 

 

Comments

comments