Bukan hanya Benjolan, Inilah 5 Gejala Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu

Ilustrasi--sumber gambar cancer.newlifeoutlook.com

Acuantoday.com— Kebanyakan wanita dalam mendeteksi kanker payudara hanya berpatokan pada ada atau tidaknya benjolan di payudara ataupun area seputar itu. Namun sesungguhnya ada beberapa tanda-tanda lainnya yang mungkin memang jarang terpublikasi dan ini harus Anda ketahui.

Menurut Rheana Murray yang menulisnya di today.com, benjolan memang menjadi gejala kanker payudara yang paling umum, namun itu bukan satu-satunya. Satu penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 6 wanita yang didiagnosis dengan kanker payudara pergi ke dokter untuk menanyakan gejala selain benjolan.

Berikut adalah beberapa gejala kanker payudara yang kurang umum, dan cara mengetahuinya.

1.Penyok dan lesung pipit

Koresponden NBC News Kristen Dahlgren baru-baru ini membuka tentang bagaimana dia menemukan sedikit penyok di payudara kanannya pada hari ulang tahunnya yang ke-47. Tidak ada benjolan, tapi dia merasakan apa yang dia gambarkan sebagai penebalan di payudaranya. Ternyata itu kanker payudara stadium 2.

Penyok seperti yang ditemukan Dahlgren serta lesung pipit adalah gejala kanker payudara yang kurang diketahui. “Saat kita berbicara tentang lesung pipit di kulit payudara, ini sangat spesifik – kami menyebutnya peau d’orange karena sebagian besar kulit di payudara benar-benar terlihat seperti kulit jeruk,” kata Dr. Aashini Master, DO, ahli onkologi dengan UCLA Health di Beverly Hills, California.

Penyok dan lesung pipit mungkin kecil, tetapi bisa menimbulkan konsekuensi serius.

“Penyok atau lesung pipit di payudara sering kali disebabkan oleh tumor yang benar-benar menarik kulit itu sendiri,” jelas Dr Audree Tadros, M.D. dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center di New York City. “Jadi ada hubungan antara tumor dan kulit itu sendiri, dan kekuatan itu menarik kulit ke dalam, dan itu terlihat seperti lekukan di payudara.”

2.Merah, ruam bersisik

Ruam merah dan bersisik pada kulit payudara, areola, atau puting adalah gejala penyakit paget pada payudara, suatu bentuk kanker payudara yang sangat langka.

Tentu saja, ruam juga bisa terjadi karena berbagai alasan lain. Tetapi jika wanita mengalami ruam yang tidak kunjung sembuh setelah beberapa minggu, mereka harus menemui dokter.

3.Kemerahan dan bengkak

Payudara yang merah, bengkak, dan lembut mungkin merupakan tanda kanker payudara inflamasi, bentuk lain dari kanker payudara.

Tadros, yang merawat pasien kanker payudara inflamasi, mengatakan, penyakit ini sering salah didiagnosis karena gejalanya juga merupakan gejala dari kondisi lain, termasuk banyak yang mungkin dialami wanita setelah melahirkan, termasuk saluran susu yang tersumbat dan mastitis. “Payudara mengalami banyak perubahan saat mencoba menyusui,” ucap Tadros.

Bagaimana cara mengetahui perbedaannya?

Perubahan pada payudara yang berhubungan dengan kehamilan dan menyusui biasanya muncul secara tiba-tiba, dan akan hilang dengan beberapa intervensi.

“Dengan penyakit seperti mastitis atau saluran susu yang tersumbat, yang akan Anda rasakan adalah gejala ini muncul dengan sangat cepat dan kanker payudara biasanya tidak,” ujarnya. “Selain itu, mastitis itu menyakitkan. Kanker payudara, bagi kebanyakan wanita, tidak menyakitkan.”

4.Keluarnya cairan dari puting

Keluarnya cairan dari puting (selain ASI) adalah gejala kanker payudara lain yang kurang diketahui. Itu bisa membingungkan bagi ibu baru yang mengalami keputihan terkait menyusui. Tapi Tadros mengatakan, cairan itu benar-benar bening atau kemerahan, keluarnya darah yang mengkhawatirkan. Jika itu yang Anda lihat, Anda harus menemui dokter.

5.Puting susu terbalik

Sebagian besar puting wanita menonjol. Tapi ketika puting wanita mulai masuk ke dalam, itu kemungkinan gejala kanker payudara. Tentu saja, beberapa wanita memiliki puting yang terbalik secara alami – dan itu tidak masalah. “Tetapi jika Anda tidak melakukannya, dan puting Anda menjadi terbalik, itu pertanda yang mengkhawatirkan,” kata Guru.

Meskipun penting untuk mengetahui semua gejala, penting juga bagi wanita untuk memahami bahwa gejala ini jarang terjadi, atau terkait dengan bentuk kanker payudara yang langka. Menurut American Cancer Society, gejala kanker payudara yang paling umum adalah masih adanya benjolan atau massa baru di payudara, menurut American Cancer Society.

Meskipun Anda mampu melakukan pemeriksaan mandiri, namun jangan mengabaikan pemeriksaan rutin. American Cancer Society merekomendasikan agar para wanita yang berusia di atas 40 tahun mempertimbangkan untuk melakukan mamogram.

Tapi wanita berusia muda pun tetap harus waspada.  “Kanker payudara tidak hanya menyerang wanita pascamenopause,” katanya. “Saya memiliki banyak pasien muda yang terkena kanker. Jadi jika seseorang merasa ada sesuatu yang mengkhawatirkan, mereka perlu mengadvokasi diri mereka sendiri, karena semakin dini kita mengetahui terkena kanker payudara, memiliki kesempatan lebih tinggi untuk penyembuhan.***dian

Comments

comments