Buntut Baiat JAD Makassar, Polisi Usut Dugaan Keterlibatan Munarman

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono.(Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta―Media sosial baru-baru ini kembali diramaikan dengan beredarnya video pengakuan salah satu anggota JAD Makassar yang menyebut Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI), Munarman hadir dalam baiat pada ISIS pimpinan Al Baghdadi.

Menanggapi pengakuan anggota JAD itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono mengaku bakal berkoordinasi dengan Tim Densus 88 Antiteror untuk mengusut dugaan keterlibatan Munarman dengan organisasi teror ISIS.

“Apabila yang bersangkutan (Munarman) itu ada keterlibatan, tentunya Tim Densus 88 Antiteror juga akan melakukan proses hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” kata Rusdi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/2).

Sebelumnya, muncul pengakuan pria yang telah ditangkap Densus 88 karena diduga terlibat teror. Dalam video, pria yang mengaku bernama Ahmad itu mengatakan kalau dia ditangkap pada 6 Januari 2021 dan sempat bersama-sama petinggi FPI, salah satunya Munarman pada tahun 2015 berikrar setia pada ISIS.

“Saya berbaiat kepada Daulatul Islam yang memimpin Daulatul Islam Abu Bakar Al Baghdadi. Saat deklarasi, FPI mendukung Daulatul Islam pada Januari 2015. Saya berbaiat pada saat itu bersama dengan 100 orang simpatisan dan Laskar FPI,” ucap pria yang mengaku bernama Ahmad itu. 

Setelah baiat, Ahmad mengaku ikut proses taklim atau pengajian beberapa kali dengan mendengarkan arahan dari pengurus FPI yang hadir di markas FPI di Jalan Sungai Limboto, Makassar, Sulawesi Selatan. 

Selain FPI, ucap Ahmad, kelompok lain yang bersimpati pada ISIS juga menyatakan ikrar setia pada organisasi teror yang berhasil bercokol di Irak dan Suriah itu.

“Saya berbaiat dihadiri oleh Munarman selaku pengurus FPI pusat pada saat itu. Ustaz Fauzan, Ustaz Basri yang memimpin baiat pada saat itu. Dan setelah baiat saya pernah mengikuti taklim rutin FPI di Jalan Sungai Limboto sebanyak 3 kali yang mengisi acara pada saat itu, atau taklim yaitu ustad Agus dan Abdurahman selaku pemimpin Panglima FPI Kota Makassar,” akunya. (mmu)

Comments

comments