Bupati Aceh Selatan Diminta Tindak Tegas ASN Damkar yang Terlibat Demo, Cari Dalangnya

Ketua LSM Get Response Aceh Teuku Maulizar

Acuantoday.com, Aceh Selatan—  Aksi demo oknum ASN dan Tenaga Kontrak di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan dinilai telah mencoreng wibawa pemerintah daerah serta melanggar ketentuan peraturan Undang Undang Aparatur Sipil Negara (ASN)

“Terkesan pemaksaan kehendak ala preman. Sekelompok  orang yang memakai seragam pemerintah dan fasilitas negara melakukan aksi demo terbuka tanpa izin sekaligus telah melanggar protokol kesehatan,” tegas  Ketua LSM Get Response Aceh Teuku Maulizar di Tapaktuan, Minggu (18/4/2021).

Fatalnya lagi, ujarnya, aksi tersebut dilakukan disaat pandemi Covid-19 dimana pemerintah sedang fokus pada upaya keselamatan rakyat dan menerapkan strategi pembatasan aktivitas serta menghindari kerumunan.

Dari penulusuran di lapangan, menurutnya, pada saat proses pencairan gaji-honor bendahara berjibaku menyelesaikan administrasi di hari Jumat sampai rela memohon kepada pihak Bank Aceh Syariah untuk menambah waktu proses pencairan di teller dan akhirnya dapat tersalurkan walaupun kondisi sampai malam hari.

Atas tuntutan petugas Damkar tersebut malah ditemukan fakta terbalik, dimana pada masalah gaji honor yang tidak diberikan penuh dua bulan adalah tuduhan keliru. Tuntutan tidak dibayarkan uang lelah kegiatan di lapangan sudah disampaikan oleh Subbag Keuangan bahwa proses penarikan uang lelah harus dilakukan penyesuaian akun diaplikasi SIPD dan SIMDA.

“Sedangkan kegiatan yang sudah dilakukan dicatat dalam register. Bila sudah sesuai akun, baru dilakukan penagihan sehingga diminta bersabar,” jelasnya. (bersambung)

Comments

comments