Bursa Calon Kapolri, Lumrah Bila Bintang Dua Salip Bintang Tiga

Anggota Komisi III DPR RI Jazilul Fawaid. (Rahmat/Acuantoday.com)

Acuantoday.com, Jakarta- Anggota Komisi III DPR RI, Jazilul Fawaid meyakini Presiden Joko Widodo sudah memiliki nama calon Kapolri untuk gantikan Idham Azis yang mulai memasuki masa pensiunnya pada awal tahun 2021 nanti.

“Saya yakin, calon Kapolri pak Jokowi sudah ada stoknya,” kata Jazilul di Gedung DPR RI, Kamis (26/11).

Menurut Jazilul, banyak nama-nama yang dikabarkan akan menggantikan Idham Azis. Sejauh ini, ada beberapa nama yang santer dikabarkan sebagai calon kuat, Kabareskrim Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo, Wakapolri saat ini Komjen Pol. Gatot Edi Pramono, Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran.

Sepengetahuannya, kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, ada 15 nama yang bisa masuk dalam bursa Kapolri dan itu bisa dilihat dari kepangkatan dan jenjang karirnya.

“Kalau mau dilihat dari undang-undangkan, calon Kapolri harus perwira tinggi yang masih aktif. Lalu juga memperhatikan jejak karir dan kepangkatannya. Jika dikecilkan ya paling ada 15 nama,” jelasnya.

Sementara, terkait nama yang paling layak untuk menjadi Kapolri, Jazilul enggan mengungkap lebih jauh. Menurutnya, orang yang pantas menjadi Kapolri memiliki kedekatan, dan bisa harmoni dengan arah kebijakan pembangunan presiden.

“Untuk siapa yang paling pas, yang memiliki kedekatan dengan Pak Jokowi. Jadi yang punya kedekatan dan harmonisasi dengan Presiden langsung,” ungkapnya.

Menimbang kondisi aktual bahwa Indonesia tengah berada dalam situasi pandemi, dimana perekonomian nasional juga menurun, lanjut Jazilul, dibutuhkan Kapolri yang matang dan bijaksana.

“Cepat dan tepat dalam bertindak mengatasi segala potensi gangguan keamanan dan ketertiban. Sebab kunci dari pembangunanan adalah keamanan dan ketertiban,” pungkas Jazilul. (rht)

Comments

comments