Di Depan DPR, Calon Kapolri Singgung Soal Rasa Keadilan yang Dirasakan Masyarakat

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (ANTARA/Sigid Kurniawan/Nz/aa)

cuantoday.com, Jakarta―Calon Kapolri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo menyinggung soal penerapan hukum yang belum memenuhi rasa keadilan.

Hal ini disampaikan Listyo Sigit dalam paparannya tentang visi misi di depan pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI, Rabu (20/1). 

Salah satu contoh kasus yang menjadi sorotan Listyo Sigit dalam konteks ini adalah seorang anak mempolisikan ibu kandungnya. 

Menurut Listyo Sigit, hal seperti ini harusnya tidak terjadi.

“Hal-hal seperti ini tentunya ke depan tidak boleh lagi ataupun. Tentunya kasus-kasus lain yang mengusik rasa keadilan masyarakat,” kata Listyo Sigit saat memaparkan makalahnya.

Harusnya, kata Kabareskrim Polri ini, baiknya ke depan harus ada penerapan hukum yang humanis dalam menangani satu perkara. 

“Betul penegakan hukum harus dilakukan secara tegas namun humanis,” ucapnya.

Menurut dia, saat ini masyarakat memerlukan penegakan hukum yang memberikan rasa keadilan bagi masyarakat.

Untuk itu, calon tunggal Kapolri pengganti Jenderal Pol. Idham Azis ini menegaskan, dirinya siap melakukan perubahan wajah Polri ke depan agar terpenuhi harapan masyarakat Indonesia soal keadilan hukum.

“Maka dari itu dalam kepemimpinan saya nantinya akan menjadi fokus utama yang akan diperbaiki sehingga mampu merubah wajah Polri menjadi Polri yang memenuhi harapan masyarakat,” katanya.

Polri yang memenuhi harapan rakyat, menurut dia, dengan berorientasi dengan kepentingan masyarakat, berbasis pada hukum yang berkeadilan dan menghormati hak asasi manusia, serta mengawal proses demokrasi. (rht)

Comments

comments