Calon Kapolri, DPR Tunggu Usulan Presiden

Korps Bhayangkara, Polri / Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Isu pergantian Kapolri  sudah menyebar luas menyusul informasi Kapolri Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada bulan Januari tahun depan.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, belum ada nama yang disodorkan oleh Presiden ke DPR. Pihaknya masih menunggu usulan nama calon Kapolri yang akan diajukan Presiden Joko Widodo.

“Hingga kini Presiden Joko Widodo belum mengusulkan nama-nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis,” kata Sufmi Dasco Ahmad di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (13/11).

Dasco mengaku ada tiga nama calon Kapolri yang saat ini santer menjadi buah bibir di masyarakat. “Tiga nama calon Kapolri itu bukan keluar resmi dari Presiden, sebagai yang berhak menentukan satu nama yang akan diajukan ke DPR,” kata Dasco.

Meski sebatas wacana publik, Politisi Partai Gerindra itu menilai kinerja ketiga kandidat yang baru menyandang bintang dua Bhayangkari itu layak diperhitungkan.

Nama-nama tersebut antara lain Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Nana Sudjana, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol M Fadil Imran.

“Kalau dilihat dari kinerja, ya memang tiga-tiganya kami kenal baik, dan mempunyai kinerja yang baik, itu saja terima kasih,” kata Dasco.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada 30 Januari 2021. Bursa calon pengganti Kapolri akan semakin riuh dengan masuknya tiga nama Perwira Tinggi Polri tersebut. (rht)

Comments

comments