Camilan Asyik: Dumpling Ayam-Udang dan Split Peas Tauco Pedas

Dumpling Ayam-Udang dan Split Peas Tauco Pedas---foto instagram Chef Vindex Tengker

Acuantoday.com— Menikmati weekend sambil makan camilan sehat, pasti asyik. Nah di masa pandemic Covid 19 sekarang ini, untuk menikmati camilan lebih baik tidak usah membeli, tapi bikin sendiri di rumah. Manfaatnya, selain mengisi waktu juga menambah pengetahuan kita dalam membuat aneka masakan.

Untungnya Chef Vindex Tengker mau berbaik hati men-share resep camilan enak, ‘Dumpling Ayam-Udang dan Split Peas Tauco Pedas’ di akun instagramnya. Bukan resep dan text cara membuatnya, tapi si Chef juga mendemonstrasikan cara membuat ‘Dumpling Ayam-Udang dan Split Peas Tauco Pedas’.

Yang ingin mencoba sendiri, ini resepnya untuk 10-15 dumplings. Selamat mencoba!

Bahan-bahan:

US Split Peas Hijau atau kacang polong kering
30g US Split Peas kering
300ml air

Dumpling Udang Split Peas:

10 buah Kulit Pangsit
50g Daging ayam
150g Udang kupas
60g US Split peas hijau, matang
1 butir Telur
1 buah Daun bawang, iris
1 siung Bawang putih, haluskan
20g Tepung tapioca
1 sdt Minyak wijen
1/2 sdt Gula pasir
1/4 sdt Merica Putih
1 sdt Garam
1 butir Putih telur, untuk perekat

Saus Tauco Pedas:

2 sdm Minyak untuk menumis
1 siung bawang putih, cincang halus
1 cm jahe, iris halus
1 sdt ebi, cincang
1 batang Serai, memarkan
3 lembar Daun jeruk, iris tipis
1 buah Cabai merah, iris
1 buah Cabai hijau, iris
1 sdt Gula
10g Tauco pedas, haluskan
150ml kaldu ayam
1 sdt maizena (haluskan dg 2 sdm air)

Cara membuat:

1.US Split Peas: tidak perlu direndam terlebih dahulu, langsung masak Split Peas dg 400ml air, rebus kemudian dengan api sedang, masak Split Peas hingga matang, kurang lebih 30 menit.

2.Dumpling udang dan Split peas: blender dan campur udang, ayam serta semua bahan lainnya kecuali Split Peas nya hingga halus. Keluarkan dr blender, kemudian campur dgn Split Peas dalam wadah bowl, aduk rata.

3.Lalu ambil 1 sdm/15g adonan dan isi kulit pangsitnya, tutup menyerupai setengah bulan, lalu lipat atasnya menyerupai potsticker, gunakan perekat putih telur. Sisihkan dan tutup dengan kain bersih agar tidak kering.

4.Panggang Dumpling Udang dan Split Peas dengan minyak hingga disisi bawahnya hingga kecoklatan, lalu siram air setinggi dumplingnya, tutup panci dan masak hingga dumpling matang dan air menyusut.

5.Saus Tauco Pedas: Tumis bawang putih, jahe dan ebi hingga harum, masukkan daun jeruk, serai, cabai merah dan hijau. Masak Selama 2-3 menit.

6.Masukkan tauco dan tambah kaldu, masak hingga mendidih lalu turunkan ke api sedang, koreksi rasa dg garam dan gula lalu kental dg maizena.

7.Dalam piring saji, letakan Dumpling Udang dan Split Peas, lalu topping dengan Saus Taoco pedas. Hias dengan daun ketumbar dan Split Peas.***dian

 

 

 

Comments

comments