Cara Aman Mengkonsumsi Santan

Ilustrasi santan-- sumber foto wellnessmama.com

Acuantoday.com— Bicara santan, mungkin sebagian orang langsung bergidik. Takut. Lantaran orang menganggap santan sebagai biang naiknya kolesterol. Benarkah santan berbahaya?

Mengutip alodokter, santan memang sering dikaitkan dengan makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Faktanya, ada banyak manfaat santan yang sebenarnya baik untuk kesehatan, mulai dari memperkuat daya tahan tubuh hingga menjaga kesehatan jantung.

Dalam 100 ml santan, terkandung sekitar 75 kalori dan berbagai nutrisi, seperti: 0,5 gram protein, 5 gram lemak, 7 gram karbohitrat, 450 miligram kalsium dan 0,7 miligram zat besi.

Selain santan hasil perasan, kini juga tersedia santan dalam bentuk kemasan yang dinilai lebih praktis dan mudah digunakan. Namun, tidak semua santan kemasan baik untuk dikonsumsi. Agar tetap aman dan sehat saat mengonsumsi santan kemasan, berikut ini adalah beberapa tips dari alodokter yang dapat Anda lakukan.

1.Pastikan tidak menggunakan bahan pengawet

Pilihlah produk santan kemasan yang diproses dengan metode pengawetan yang baik, misalnya UHT (ultra high technology) atau metode granulasi, sehingga bisa tahan lama tanpa menggunakan bahan pengawet.

2.Pastikan produk terdaftar di BPOM

Jika Anda hendak membeli produk santan siap pakai, pastikan produk tersebut sudah mendapatkan izin dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan bersertifikasi halal. Hal ini untuk memastikan produk santan sudah layak edar dan mengikuti standarisasi di Indonesia.

3.Periksa kandungan nutrisi yang tertera pada kemasan

Pastikan produk santan kemasan yang dipilih mengandung beragam nutrisi, seperti serat, omega 3 dan omega 6, bebas kolesterol, serta rendah kalori sehingga baik untuk tubuh.***dian

 

Comments

comments