Cara Cepat Menurunkan Berat Badan tapi Aman

sumber gambar: splashgosports co id

Acuantoday.com— Memiliki tubuh langsing menjadi dambaan para wanita. Tak heran kalau demi mendapatkan tubuh ideal itu, para wanita rela melakukan apa saja, termasuk menahan lapar, mengurangi porsi makanan enak atau bahkan tidak menyentuhnya.

Produk-produk pelangsing tubuh pun laris manis. Apalagi jika membumbuhkan kalimat, “Dapat menurunkan berat badan 5 pon atau sekitar 2,26 kg dalam tempo satu minggu.”

Mengutip goodhousekeeping, keberhasilan menurunkan berat badan itu tergantung pada metabolisme Anda dan banyak factor lainnya, termasuk aktivitas fisik, komposisi tubuh, dll.

Penurunan berat badan pada akhirnya kembali ke konsep kalori masuk, kalori keluar: Makan lebih sedikit daripada yang Anda bakar, berat badan akan turun. Tapi tidak dianjurkan untuk melakukan diet rendah karbohidrat.

Diet macam itu bisa saja ‘menipu’. Anda merasa berhasil menurunkan berat badan, namun begitu Anda kembali mengkonsumsi karbohidrat maka berat badan yang hilang itu akan kembali lagi. Walhasil, Anda kecewa.

Tapi jangan khawatir, goodhousekeeping menulis beberapa tips yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan dengan lebih cepat namun aman.

  1. Makan lebih banyak sayuran

Sesederhana itu. Perbanyak makan sayuran, setidaknya 50% dari apapun yang Anda makan. Jika melakukan itu berarti Anda berada di ‘jalan yang benar’ (sehat) dalam rangka menurunkan berat badan.

  1. Sarapan

Semua makanan itu penting. Tetapi sarapanlah yang membantu Anda memulai hari di jalur yang benar. Sarapan terbaik dan paling sehat adalah sarapan yang akan membuat Anda kenyang. Dengan begitu keinginan mengemil dapat dicegah. Takarannya adalah 400-500 kalori untuk makan pagi Anda.

Jangan lupa, pastikan memasukkan sumber protein tanpa lemak ditambah lemak pengisi (seperti telur, yogurt tanpa pemanis, kacang-kacangan atau selai kacang), dan serat (sayuran, buah atau biji-bijian). Memulai hari Anda dengan campuran nutrisi yang menstabilkan gula darah akan membantu Anda langsing tanpa pengorbanan.

  1. Batasi garam

Karena garam adalah pengawet. Makanan kemasan dan olahan sering kali mengandung natrium tinggi, ini sesuatu yang perlu diingat saat merencanakan makanan Anda. Dalam hal membeli makanan ringan, belilah produk ‘rendah natrium’  140 mg.

  1. Minum lebih banyak kopi
sumber gambar wikipedia

Mulailah hari Anda dengan secangkir kopi. Kafein adalah diuretik alami dan sumber antioksidan yang sangat baik yang melindungi sel Anda dari kerusakan. Anda dapat mengonsumsi hingga 400 mg  setiap hari, menurut Dietary Guidelines for American.

Jika Anda tidak suka kopi, bisa diganti dengan teh. Karena teh pun merupakan diuretik alami. Jenis teh herbal seperti dandelion atau akar adas juga dapat membantu. Faktanya: Ketika sebuah studi baru-baru ini membandingkan efek metabolik teh hijau (dalam ekstrak) dengan placebo. Para peneliti menemukan bahwa peminum teh hijau dapat membakar sekitar 70 kalori tambahan dalam periode 24 jam.

  1. Hindari minuman manis

Minum jus atau minuman kopi karamel tidak begitu memuaskan seperti makan semangkuk tumis sayuran dan protein. Jadi pantau asupan jus, soda, kopi dan teh manis, dan minuman beralkohol. Jika Anda mengonsumsi setiap minuman itu pada siang hari, Anda akan mengonsumsi setidaknya 800 kalori ekstra pada malam hari dan Anda tetap akan merasa lapar. Alkohol dapat menekan metabolisme lemak, sehingga Anda lebih sulit untuk membakar kalori tersebut

  1. Beli satu set beban seberat 5 pon
sumber gambar heatlhline

Ini untuk melatih kekuatan membangun jaringan otot tanpa lemak dan membakar lebih banyak kalori. Dapat dilakukan di tempat kerja ataupun saat istirahat.

Semakin banyak otot tanpa lemak yang Anda miliki, semakin cepat Anda menjadi langsing. Bagaimana Anda memulai latihan kekuatan? Cobalah beberapa push-up atau beberapa squat atau lunge. Gunakan beban untuk melakukan latihan bicep curl atau tricep pull di rumah atau kantor. Lakukan latihan ini tiga hingga empat kali seminggu, dan Anda akan segera melihat peningkatan yang pesat.

  1. Makan makanan pedas

Ini benar-benar dapat membantu Anda mengurangi kalori. Itu karena capsaicin, senyawa yang ditemukan dalam jalapeño dan cabai rawit, dapat (sedikit) meningkatkan pelepasan hormon stres seperti adrenalin, yang dapat mempercepat kemampuan Anda untuk membakar kalori.

Terlebih lagi, makan cabai dapat membantu memperlambat Anda. Tambahan lainnya adalah  jahe dan kunyit.

8. Tidur

sumber foto bonvitastyle com

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa tidur malam kurang dari waktu yang dianjurkan — sekitar 7 jam — dapat memperlambat metabolisme Anda. Selain itu, jika bangun lebih lama, secara alami Anda cenderung akan mengemil kudapan tengah malam. Jadi, jangan berhemat pada ‘waktu tidur’ dan Anda akan mendapatkan keuntungan ekstra dalam hal menurunkan berat badan.

  1. Buat jurnal makanan

Banyak penelitian menunjukkan orang yang mencatat semua yang mereka makan — terutama mereka yang mencatat saat makan — lebih cenderung menurunkan berat badan dan mempertahankannya untuk jangka panjang. Kebiasaan itu juga memakan waktu rata-rata kurang dari 15 menit per hari bila Anda melakukannya secara rutin, menurut sebuah studi 2019 yang diterbitkan di Obesity.

Mulailah melacak di aplikasi seperti MyFitnessPal atau gunakan buku catatan biasa. Ini akan membantu Anda tetap bertanggung jawab atas apa yang Anda makan.

  1. Jalan-jalan

Jangan salah paham. Berolahraga kapan saja baik untuk Anda. Tetapi aktivitas malam hari mungkin sangat bermanfaat karena metabolisme banyak orang melambat menjelang penghujung hari. Tiga puluh menit aktivitas aerobik sebelum makan malam meningkatkan laju metabolisme Anda dan dapat menjaganya tetap tinggi selama dua atau tiga jam lagi. Bahkan setelah Anda berhenti bergerak. ***dian

Comments

comments