Cara Melembabkan Kulit Tangan yang Kering karena Sering Cuci Tangan

Ilustrasi cuci tangan-- foto okugawa/Getty Images

Acuantoday.com— Pandemi Covid 19 mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia, termasuk kebiasaan-kebiasaan yang dulunya (sebelum pandemic) kurang diperhatikan. Misalnya saja soal mencuci tangan. Sebelum pandemic, banyak orang malas mencuci tangan kecuali karena sesuatu hal yang mengharuskan dia mencuci tangan.

Namun sekarang, rajin mencuci tangan menjadi salah satu Protokol Kesehatan yang harus dilakukan setiap orang guna menghindari penularan Covid 19.

Yang jadi persoalan, rajin mencuci tangan tanpa dibarengi dengan perawatan yang baik pada kulit tangan, akan menyebabkan kulit mengering. Ada beberapa cara untuk menghindari efek kulit kering ini yaitu rajin menggunakan lotion perawatan kulit. Caranya, setelah cuci tangan, sebaiknya kita mengoles lotion tersebut guna menjaga kulit tangan tetap lembab.

Berikut ini adalah saran dari health.harvard.edu tentang cara mencuci tangan yang benar agar kulit tangan tidak kering.

“Gunakan sabun dan air hangat (matikan air saat Anda sedang menyabuni) dan bersihkan selama 20 detik. Pastikan untuk memasukkan punggung tangan dan area di antara jari-jari Anda dan di sekitar kuku Anda,” tulis health.harvard.edu

Kapan harus mencuci tangan?

“Ambil sabun segera setelah Anda pulang dari luar dan terutama setelah berbelanja; setelah menggunakan kamar mandi; setelah bersin, batuk, atau membuang ingus; sebelum menyiapkan makanan dan sebelum makan; dan setelah menyentuh hewan peliharaan”.

Setelah mencuci tangan dan mengeringkannya, lalu oleskan krim perawatan kulit tangan. Produk yang dikemas dalam tube cenderung lebih terapeutik daripada lotion yang lebih encer yang Anda pompakan dari botol.

Hindari pelembab yang mengandung pewangi atau pewarna; dapat mengiritasi kulit kering. Oleskan juga krim tangan setelah Anda menggunakan hand sanitizer yang bisa mengeringkan kulit.

Jika kulit di tangan Anda sangat kering atau pecah-pecah, lumasi kulit saat Anda tidur: gunakan petrolatum atau pelembab kental sebelum tidur dan kenakan sarung tangan dari kain. ***dian

Comments

comments