Cara Mudah Menghilangkan ‘Double Chin’

Sumber gambar brightside.me

Acuantoday.com— Penumpukan lemak di bawah dagu atau biasa disebut ‘double chin’ memang menjengkelkan. Bukan hanya merusak pemadangan bagi yang melihat tapi juga menimbulkan krisis percaya diri. Biasanya ‘double chin’ dialami oleh mereka yang kelebihan berat badan. Namun tak jarang mereka yang bertubuh relative langsing pun mengalaminya. Ini bisa jadi karena penurunan elestisitas kulit karena penuaan sehingga kulit di bawah dagu mengendur.

Tapi apapun penyebab dari ‘double chin’ ini pastilah meresahkan pemiliknya. Tapi sebenarnya tak perlu terlalu khawatir juga. Karena sesungguhnya ada banyak cara untuk menghilangkan ‘double chin’. Salah satu cara yang ‘murah-meriah’ adalah dengan rajin mengunyah permen karet.

Kegiatan mengunyah permen karet akan bisa membantu rahang da otot-otot wajah bekerja. Membiarkan rahang dan otot-otot wajah berolahraga akan membantu membakar lemak tubuh yang menjadi penyebab double chin. Keuntungan lainnya, mengunyah permen karet dapat membuat kulit wajah tetap kencang.

Selain mengunyah permen karet, ada beberapa gerakanyang juga bisa melatih otot wajah. Mengutip dari Brightside.me, inilah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengembalikan kekencangan wajah Anda.

Warming up–sumber gambar brightside.me (Illustrator Daniil Shubin, Photographer Roman Zakharchenko, Model Olga Zakharchenko for Bright Side)

Pemanasan otot. Ini harus dilakukan sebelum melakukan Latihan yang lainnya. Untuk tujuan ini, gerakkan rahang bawah Anda ke depan dan ke belakang lalu dari sisi ke sisi. Semua gerakan harus dilakukan perlahan dan mulus tanpa sentakan tiba-tiba. Ulangi latihan ini 8-10 kali.

  1. Gaya Sendok

Buka mulut Anda, dan putar bibir bawah ke gigi bawah. Bayangkan Anda perlu menyendok air dengan rahang bawah. Turunkan kepala Anda dengan gerakan menyendok, dan tutup mulut Anda sambil mengangkat kepala.

Saat melakukan latihan ini, pastikan sudut bibir Anda benar-benar rileks. Ulangi 5-7 kali.

Sentuh hidung Anda— sumber gambar brightside.me
(Ilustrator Daniil Shubin, Fotografer Roman Zakharchenko, Model Olga Zakharchenko untuk Bright Side)
  1. Sentuh hidung Anda

Dagu ganda juga dikaitkan dengan kelemahan otot hyoid. Itu sebabnya itu juga perlu diperkuat.

Julurkan lidah Anda sejauh mungkin, dan cobalah menjangkau hidung Anda dengan ujung lidah Anda. Jaga bibir Anda tetap rileks. Ulangi 5 kali.

  1. Wajah oval sempurna

Jika Anda ingin mengembalikan bentuk wajah Anda ke tampilan yang lebih muda dan menarik pipi ke atas, lakukan latihan berikut: putar kepala ke kiri, dan tarik rahang bawah ke depan, regangkan otot leher. Anda akan merasakan otot-otot di kiri leher Anda meregang. Kemudian putar kepala Anda ke kanan dan lakukan gerakan yang sama. Ulangi 5 kali di setiap sisi.

Cium jerapah
(Ilustrator Daniil Shubin, Fotografer Roman Zakharchenko, Model Olga Zakharchenko untuk Bright Side)
  1. “Cium jerapah”

Bayangkan Anda perlu mencium jerapah (atau seseorang yang sangat tinggi). Angkat wajah Anda, dan lihat langit-langit. Angkat sedikit rahang bawah Anda ke depan, dan kerutkan bibir Anda seolah-olah Anda akan mencium seseorang. Jika Anda melakukan latihan dengan benar, Anda akan merasakan ketegangan yang kuat di leher Anda. Tahan posisi selama 5 hingga 8 detik dan lepaskan. Ulangi 5 kali.

5. Resistensi

Untuk latihan ini, Anda perlu membuat dua kepalan dan meletakkannya tepat di bawah dagu Anda. Kemudian mulailah gerakkan rahang bawah Anda sedikit ke bawah dengan kepalan tangan Anda, dan regangkan otot-otot Anda saat mengatasi perlawanan. Kekuatan menekan harus meningkat secara bertahap. Saat Anda mencapai resistansi maksimum, tahan selama 3 detik. Kemudian rileks, dan ulangi latihan 5-7 kali

6. Senyum

Kencangkan gigi dengan mulut tertutup, dan coba regangkan sudut bibir selebar mungkin. Sekarang dorong lidah Anda ke langit-langit, secara bertahap tingkatkan kekuatan menekan. Jika Anda merasakan ketegangan yang kuat pada otot dagu Anda, berarti Anda telah melakukan latihan dengan benar. Tahan perasaan tegang ini selama 5 detik, lalu rileks selama 3 detik. Ulangi 5-8 kali.

7. Pipi gembung

Tarik napas dalam-dalam dengan mulut Anda, dan isi dengan udara. Tutup mulut Anda, dan kembungkan pipi Anda. Sekarang tekan telapak tangan Anda di pipi sehingga Anda merasakan ketegangan pada otot Anda. Tahan selama 3-5 detik, lalu keluarkan udara dan rileks. Ulangi latihan ini 5-6 kali.***dian

Comments

comments