Cara Sederhana Membuat Tekanan Darah Normal Kembali

Ilustrasi --sumber gambar healthxchange.sg

Acuantoday.com— Pedoman tekanan darah tinggi telah berubah. American Heart Association dan American College of Cardiology mengubah definisi tekanan darah tinggi menjadi 130/80 dari sebelumnya140/90 milimeter merkuri (mm Hg). Itu berarti lebih banyak orang memenuhi kriteria untuk hipertensi stadium 1.

Dilansir dari health.harvard.edu, tidak perlu panik dengan adanya pedoman baru itu. Setidaknya itu akan memacu Anda untuk menangani lebih serius masalah tekanan darah.

“Perubahan pedoman ini mungkin tampak drastis, tetapi dalam menerapkan pengetahuan yang kami peroleh dari uji coba besar ke dalam praktik klinis, pedoman ini akan membantu ribuan orang,” kata Dr Naomi Fisher, Direktur Layanan Hipertensi dan Inovasi Hipertensi di Divisi Endokrinologi, Diabetes dan Hipertensi Rumah Sakit Brigham dan Rumah Sakit Wanita, dan Profesor Kedokteran di Harvard Medical School.

Menurutnya, jika berada dalam kisaran 130/80 ini, menguranginya dapat membantu melindungi Anda dari serangan jantung, stroke, penyakit ginjal, penyakit mata, dan bahkan penurunan kognitif.

Tujuan dari pedoman baru ini adalah untuk mendorong Anda menangani tekanan darah tinggi dengan serius dan mengambil tindakan untuk menurunkannya, terutama menggunakan intervensi gaya hidup. “Telah didokumentasikan dengan baik bahwa perubahan gaya hidup dapat menurunkan tekanan darah sebagaimana halnya obat, bahkan terkadang hasilnya lebih baik,” kata Dr. Fisher.

Tidak perlu melakukan perombakan besar dalam hidup untuk menurunkan tekanan darah Anda. Berikut adalah enam tip sederhana yang dapat membantu tekanan darah Anda kembali kekisaran normal.

Sumber gambar thedailymeal.com

1.Menurunkan berat badan

Sejauh ini, cara paling efektif untuk mengurangi tekanan darah tinggi adalah dengan menurunkan berat badan, kata Fisher. Dan tidak membutuhkan penurunan berat badan yang banyak untuk membuat perbedaan. Bahkan menurunkan berat badan hanya 10 pon pun dapat menurunkan tekanan darah Anda.

2.Baca label

Orang Amerika mengkonsumsi terlalu banyak natrium makanan, hingga tiga kali jumlah total yang disarankan, yaitu 1.500 miligram (mg) setiap hari untuk individu dengan tekanan darah tingg. Menurut Fisher, tidak perlu banyak natrium untuk mencapai batas harian 1.500 mg – hanya 3/4 sendok teh garam. Ada setengah dari jumlah natrium itu dalam satu sandwich sarapan Egg McMuffin.

Singkirkan makanan tinggi natrium dengan membaca label dengan cermat. “Sangat sulit untuk menurunkan sodium diet tanpa membaca label, kecuali Anda menyiapkan semua makanan Anda sendiri,” ucapnya.

Berhati-hatilah khususnya terhadap apa yang oleh American Heart Association dijuluki sebagai “enam asin”, makanan umum di mana natrium dalam jumlah tinggi mungkin bersembunyi:

Yakni, roti dan roti gulung, potongan daging dan daging yang diawetkan, pizza, unggas, soup, sandwich.

Sumber gambar healthline.com

3.Mulai bergerak

Tidak perlu banyak olahraga untuk membuat perbedaan pada kesehatan Anda. Setidaknya setengah jam selama lima hari seminggu. “Pastikan Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai,” kata Fisher. Misalnya, menari, bersepeda, jalan cepat, dll. “ Bahkan aktivitas sehari-hari seperti berkebun pun bisa membantu,” ucapnya.

  1. Angkat beban

Masukkan kegiatan angkat beban dalam rutinitas olahraga Anda. Ini akan membantu Anda menurunkan berat badan dan tetap bugar. Wanita kehilangan massa otot seiring bertambahnya usia, dan angkat beban adalah bagian yang sering diabaikan dari rencana olahraga bagi kebanyakan wanita.

  1. Batasi alkohol

Minum terlalu banyak alkohol, terlalu sering, dapat meningkatkan tekanan darah Anda

6.Hilangkan stres

Hormon stres menyempitkan pembuluh darah Anda dan dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah. Selain itu, seiring waktu, stres dapat memicu kebiasaan tidak sehat yang membahayakan kesehatan jantung. Ini mungkin termasuk makan berlebihan, kurang tidur, dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan alkohol. Untuk semua alasan ini, mengurangi stres harus menjadi prioritas jika Anda ingin menurunkan tekanan darah.***dian

 

Comments

comments