Cegah Asam Lambung dengan Makanan-makanan Ini

Dada ayam tanpa kulit --sumber foto delish.com

Acuantoday.com— Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Gejala penyakit ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya yang hampir mirip dengan nyeri dada. Walaupun tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi. Berikut ini saran dari webmd.com makanan-makanan yang dapat dikonsumsi penderita GERD.

1.Dada ayam tanpa lemak cukup mudah dicerna. Pastikan untuk melepas kulitnya dan memanggang atau menumisnya.

2.Minum air putih saja. Saat Anda mengalami refluks asam, sebaiknya pilihan minuman Anda adalah air putih. Minuman manis dapat membuat iritasi, demikian juga minum alcohol dan jus asam. Sementara minuman berkarbonasi dapat menambah gas dan membuat Anda bersendawa, yang dapat memperburuk keadaan.

Jahe–sumber foto fitness19.com

3.Jahe. Ini bisa membantu menenangkan perut yang sakit. Cobalah teh jahe panas, jangan mengandung kafein dapat memperburuk refluks asam. Atau kunyah jahe kering, periksa labelnya untuk memastikan tidak mengandung banyak gula. Itu dapat mengiritasi refluks.

4.Semangka. Buah ini rendah asam yang tidak akan memicu gejala Anda. Dan tidak ada yang mengalahkan irisan besar semangka matang di hari musim panas yang terik. Blewah dan melon juga merupakan pilihan asam rendah yang baik.

Beras Merah– sumber foro wikipedia

5.Beras merah. Ini adalah karbohidrat kompleks, yang berarti butuh waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat sederhana seperti nasi putih, kue kering, atau minuman manis, dan itu lebih baik untuk refluks. Serat ekstra, dibandingkan dengan nasi biasa, juga membantu.

6.Havermut. Sarapan dengan bacon, sosis, pancake, donat, dan kentang goreng yang berminyak, semuanya dapat memperburuk keadaan. Oatmeal adalah pilihan yang lebih baik. Makanan  ini mengandung banyak serat, akan membuat Anda kenyang, dan cukup sehat untuk memberi Anda energi selama berjam-jam. Tetapi perhatikan tambahannya: krim, gula, sirup, dan buah kering semuanya dapat memicu gejala. Pilihlah buah segar sebagai gantinya.

Roti yang mirip sekali dengan kentang yang kotor karya Le Thuy–sumber foto odditycentral

7.Kentang. Sayuran umbi-umbian ini bagus, begitu juga wortel, lobak, dan parsnip, dll. Makanan-makanan ini penuh dengan karbohidrat kompleks yang sehat dan serat yang dapat dicerna. Hanya saja, jangan memasaknya dengan bawang bombay atau bawang putih, karena dapat mengiritasi refluks asam Anda.

8.Minyak zaitun. Tubuh Anda membutuhkan lemak untuk bekerja dengan benar, tetapi makanan berlemak dapat memperburuk gejala GERD. Jadi, Anda mungkin menghindari hal-hal seperti mentega atau margarin. Sebagai gantinya, cobalah minyak lemak yang lebih sehat seperti minyak zaitun.

9.Selada dan Seledri. Refluks dapat membuat Anda mengeluarkan gas, jadi hindari makanan yang dapat memperburuknya, seperti kacang-kacangan dan buah kering. Sayuran ringan seperti selada dan seledri itu sehat, rendah kalori, enak di perut, dan tidak akan menyebabkan lebih banyak gas.

10.Adas. Ini memiliki rasa licorice ringan dan rendah asam, yang dapat membantu menenangkan sakit perut yang bisa menjadi penyebab dan gejala GERD. Anda bisa memanggangnya dan menyajikannya sebagai hidangan utama, menumisnya sebagai lauk, atau mengirisnya mentah dan menambahkannya ke salad.***dian

Comments

comments