Cegah Dampak Hujan, Pemkot Bandung Akan Perbanyak Area Resapan

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana./Foto: Acuantoday. com (dila)

Acuantoday.com, Bandung-Pemerintah Kota Bandung akan memperbanyak area resapan air untuk mengatasi banjir yang akhir-akhir ini sering dilanda hujan.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana kepada wartawan,Jumat (19/8) mengatakan, resapan air  yang bakal diperbanyak adalah di daerah perbukitan wilayah utara kota yang berjejer hingga ke ujung timur wilayah Bandung.

“Kawasan hulu ini bila memungkinkan dibuatkan kolam retensi. Sekalipun terbatas, fungsi resapannya harus ditingkatkan guna mengurangi luapan air,” kata Yana.

Mengingat Kota Bandung daerah cekungan, lanjut Yana, maka harus banyak resapan air di wilayah hulu sehingga air mengalir ke hilir semakin berkurang tak terkecuali saat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur.

“Resapan air tidak hanya sebagai solusi dalam mengurangi luapan, namun sekaligus menjadi strategi untuk menambah cadangan air tanah. Sehingga saat musim kemarau tiba tidak terlalu sulit mencari air,” bebernya.

Yana mengungkapkan, saat ini Pemkot Bandung sudah membuat 7 kolam retensi yang tersebar di sejumlah wilayah, 10 sumur imbuhan dalam serta sebanyak 3.470 drum pori dihadirkan sepanjang tahun 2020 lalu.

“Kendati begitu, konsentrasi terhadap wilayah perbukitan harus dijaga secara konsisten. Mengingat luapan air di Kota Bandung bisa terjadi sekalipun wilayah perkotaan tidak diguyur hujan,” jelas Yana.

Selebihnya Yana meminta ada partisipasi masyarakat untuk berperan serta dalam mengatasi masalah genangan air di perkotaan. Di antaranya agar mencegah tidak membuang sampah ke aliran sungai.

“Terlebih benda-benda berukuran besar selama ini kerap ditemukan jadi penyebab luapan air karena menyumbat saluran. Apapun upaya yang dilakukan pemerintah jika warga tak berperan sulit,” tandasnya. (dila)

 

Comments

comments