Cegah Penyalahgunaan, Polresta Bandung Ikut Awasi Penyaluran Bansos Covid-19

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan

Acuantoday.com, Bandung – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandung menyatakan bakal ikut mengawasi penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi yang terdampak Covid-19. Pengawasan tersebut dilakukan Polresta Bandung sebagai salah satu upaya untuk mencegah adanya tindakan penyalahgunaan bansos terutama diwilayah hukumnya.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, penyaluran dana bansos bagi yang terdampak pandemi Covid-19 sudah menjadi perhatian semua pihak.

“Bahkan ada perhatian khusus dari KPK soal bansos ini. Makanya kami turut menaruh perhatian soal bansos ditengah pandemi Covid-19,” kata Hendra saat dikonfirmasi wartawan.

Sebagai langkah pengawasan penyaluran dana bansos di masa Covid-19, Hendra menyebut ada ada mekanisme pengawasan di lapangan dengan melibatkan pemerintah dan juga TNI. “Peran dalam pendampingan pada saat pendistribusian bantuan sosial menjadi penting. Ini salah satu upaya mengurangi penyalahgunaan penyaluran bansos,” kata Hendra.

Ketika ditanya terkait adanya dugaan pungutan liar soal dana bansos Covid-19 di Kecamatan Cicalengka,  dikatakan Hendra, perihal itu sudah ditangani Satgas Saber Pungli. “Untuk di Cicalengka penelusuran oleh Satgas Saber Pungli Polda Jabar. Jadi yang menangani di Polda. Tapi kami tingkat Polres ikut melakukan pengawalan,” tegas Hendra. (dila)

Comments

comments