Cegah Penyebaran COVID 19, Ini Terobosan Rumah Tahanan Wonosobo

Seorang perempuan melakukan "video call" dari rumah melalui layar laptop dengan suaminya di dalam rutan dengan memanfaatkan fasilitas Vicado Rutan Wonosobo/Foto:Antatra

Acuantoday.com, Wonosobo – Ini terobosan keren yang dilakukan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Wonosobo, Jawa Tengah.

Selama massa pandemi COVID-19, narapidana dari keluraga tak mampu difasilitasi melakukan “video call” dengan keluarganya di rumah.

Dengan begitu, tidak ada lagi keluarga yang datang membesuk narapidana ke Rutan,  yang berpotensi saling menularkan virus corona.

“Petugas kami mengunjungi rumah keluarga narapidana yang tidak mampu memfasilitasi  mereka melakukan ‘video call’ dengan warga binaan di dalam rutan, ” kata Kepala Rutan Wonosobo, Yoga Indra Wicaksi, Jumat  (2/10).

Ia menuturkan layanan “video call” sebenarnya telah berlangsung selama pandemi COVID-19 .Keluarga napi yang datang dipersilahkan melakukan “video call” dari bilik di depan rutan dengan warga binaan yang ada di dalam rutan.

Namun, kata Yoga, bagi keluarga yang tidak mampu, mengeluarkan biaya untuk datang ke rutan merupkan persolan tersendiri.

Oleh karena itu, petugas rutan mendatangi keluarga napi dengan membawa alat komunikasi sehingga mereka bisa berkomunikasi secara virtual dengan anggota keluarganya yang berada dalam rutan.

“Pengaruhnya besar sekali baik bagi warga binaan maupun keluarganya. Kadang-kadang di dalam mereka (warga binaan) ada yang melamun karena ingin tahu kondisi keluarganya. Layanan ini menjadi salah satu solusinya,” kata Yoga. (Tora)

Comments

comments