China Tentang Langkah AS Tambahkan 59 Entitas China ke Daftar Kontrol Ekspor

Foto yang diabadikan pada 14 Desember 2020 menunjukkan Gedung Putih saat diguyur hujan di Washington DC, Amerika Serikat. (Xinhua/Liu Jie)

Acuantoday.com— China dengan tegas menentang langkah Amerika Serikat (AS) menambahkan 59 entitas China ke dalam “daftar entitas” kontrol ekspornya, kata seorang juru bicara Kementerian Perdagangan China pada Sabtu (19/12).

China akan mengambil tindakan yang diperlukan guna melindungi hak dan kepentingan sah perusahaan China, kata juru bicara tersebut.

AS sekali lagi menggunakan kekuatan negaranya untuk menekan perusahaan-perusahaan China, kata juru bicara itu. Dia menambahkan bahwa dengan menggeneralisasi keamanan nasional dan berulang kali menyalahgunakan kontrol ekspor serta tindakan-tindakan lain untuk menekan perusahaan, institusi, dan individu di negara lain, AS sangat mengganggu tatanan ekonomi dan perdagangan internasional, serta menimbulkan ancaman serius bagi keamanan rantai industri dan pasokan global.

Langkah seperti itu tidak kondusif bagi China, AS, maupun dunia pada umumnya, kata juru bicara.

“Kami sekali lagi mendesak Amerika Serikat untuk menghentikan tindakan sepihak dan menindas seperti itu, serta memberikan perlakuan yang adil kepada perusahaan China dan negara-negara lainnya,” kata juru bicara tersebut. “Amerika Serikat harus berbuat lebih banyak untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan China-AS dan mendorong pemulihan ekonomi global.” ***dian/xinhua/ant

Comments

comments