COVID -19 Penyakit  “Seribu Wajah”

Acuantoday.com, – COVID-19 bisa disebut penyakit seribu wajah. Karena gejala yang ditimbulkannya menyerupai gejala penyakit-penyakit lain.

“Penyakit ini membingungkan. Kita sebagai klinisi, sebagai dokter, ini membingungkan,” kata dokter paru Rumah Sakit (RS) Persahabatan dr. Andika Chandra Putra, PhD, Sp.P, kepada Antara, Jumat (9/10).

Andika menjelaskan, gejala yang muncul dari COVID-19 tidak hanya pilek, sesak napas dan pneumonia. Tetapi juga menyerupai gejala penyakit lain seperti mencret, muntah-muntah, mati rasa, cegukan, ruam kulit, mata merah.

“ Hingga gejala yang menyerupai stroke dan kehilangan kesadaran karena adanya gangguan pada otak,” ujar dia.

Gejala-gejala itu muncul karena reseptor COVID-19 tidak hanya terdapat pada saluran pernapasan, tetapi juga saluran pencernaan, saluran mata, saluran pada kulit hingga otak sehingga menimbulkan gejala pada saluran tempat virus SARS-CoV-2 masuk ke dalam sel inang melalui reseptor Angiotensin Converting Enzyme 2 (ACE).

“Kita enggak bisa membedakan mencret ini karena infeksi bakteri atau karena jamur atau karena COVID-19. Kita tidak bisa membedakannya secara klinis saja,” kata Andika.

Untuk itu diperlukan pemeriksaan segera, baik melalui tes cepat atau rapid test, atau dengan pemeriksaan swab atau disebut juga pemeriksaan PCR (polymerase chain reaction) .

“Pemeriksaan PCR untuk memastikan (penyakit) itu COVID-19 atau tidak,” katanya.

Pemeriksaan juga penting untuk mengurangi dampak kesehatan yang lebih besar pada pasien yang terinfeksi.

“Jadi intinya testing itu yang paling penting. Kemudian kita lakukan tracing, baru kita lakukan treatment,” kata Andika. (Fora)

Comments

comments