Curhat Para Selebriti Dunia tentang Migrain yang Dideritanya

Ilustrasi--sumber foto timeofindia.indiatimes.com

Acuantoday.com— Sebagian kita mungkin pernah mengalami sakit kepala yang hebat. Bisa jadi itu migrain. Migrain yang parah bisa disertai mual, muntah, sensitive terhadapcahaya dan suara. Gangguan ini dapat berlangsung selama berjam-jam hingga berhari-hari, dan rasa sakitnya bisa sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa factor yang bisa menyebabkan migrain, salah satunya adalah factor keturunan. Anak-anak memiliki sekitar 50% kemungkinan mengalami migrain jika salah satu orangtuanya mengalaminya, dan 75% kemungkinannya jika kedua orang tuanya terkena. Menurut WHO, dari total penderita sakit kepala usia 18-65 tahun, 30 % di antaranya adalah penderita migrain.

Umumnya penderita migrain atau serangan sakit kepala sebelah, muncul pertama kali pada seseorang saat pubertas dan serangan bertambah berat saat berusia 35 tahun hingga 45 tahun. Pengobatan penyakit ini melalui kombinasi perawatan mandiri, obat serta perubahan gaya hidup.

Bagi sebagian orang yang tidak pernah mengalami, mungkin mengira migrain adalah sakit kepala biasa. Tapi tidak bagi penderitanya. Banyak penderita migrain mengaku dirinya sangat sengsara dengan penyakit itu.

Asal tahu saja kalangan selebriti dunia ternyata banyak yang mengidap penyakit ini. Berikut pengalaman beberapa selebriti dunia yang mengalami migrain, sebagaimana dikutip dari webmd.com.

Serena Williams–foto instagram serenawilliams

Serena Williams
Sakit kepala hebat pernah menyerang bintang tenis Serena Williams saat sedang bertanding di sebuah turnamen. Menurutnya rasa sakitnya terkait dengan siklus menstruasinya. “Saya belum pernah mendengar tentang [sakit kepala migrain menstruasi] sebelumnya,” kata Serena. “Selama ini, saya pikir itu migrain biasa.” Sekitar 60% wanita dengan sakit kepala migrain mengatakan bahwa itu semakin parah selama menstruasi mereka, dan hormon mungkin penyebabnya.

Ben Affleck
Wanita lebih mungkin mengalami sakit kepala migrain, tetapi sekitar 6% pria juga mendapatkannya. Aktor dan sutradara Ben Affleck termasuk di antaranya. Saat menyutradarai Gone, Baby, Gone pada tahun 2006, dia menderita migrain yang sangat parah sehingga terpaksa dibawa ke rumah sakit. Ia mengaku terlalu aktif bekerja sehingga kurang tidur. Jadwal tidur yang teratur membantu mencegah migrain. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan.

Lisa Kudrow
Perjalanan masa kecil ke Disneyland biasanya membawa senyuman. Namun tidak untuk aktris Lisa Kudrow, “Suatu hari yang menyenangkan dan makan akan selalu berakhir dengan sakit kepala yang parah,” katanya. Ayah dan saudara Kudrow juga akrab dengan sakit migrain. Migrain adalah suatu kondisi yang diturunkan dalam keluarga. Anak-anak memiliki sekitar 50% kemungkinan mengalami migrain jika salah satu orangtuanya mengalaminya, dan 75% kemungkinannya jika kedua orangtuanya terkena. Mengetahui riwayat sakit kepala migrain dalam keluarga Anda dapat membantu dokter mengetahui cara merawat Anda.

Marcia Cross–foto instagram mariacross

Marcia Cross
Aktris Marcia Cross tampak tak terbendung sebagai perfeksionis Bree Van de Kamp di acara TV Desperate Housewives. Di luar kamera, dia berjuang dengan sakit kepala migrain. “Mengalami migrain dan mencoba bekerja tidak mungkin bagi saya,” katanya. “Saya menjadi mual dan penglihatan saya terpengaruh.” Cross telah menjadi juru bicara untuk pengobatan migrain triptan. Triptans mengurangi nyeri migrain dan mual dengan merangsang serotonin yang pada gilirannya meredakan peradangan dan mempersempit pembuluh darah.

Janet Jackson–foto instagram janet jackson

Janet Jackson
Pada 2008, penyanyi Janet Jackson membatalkan serangkaian konser setelah menderita sakit kepala migrain vestibular. Jenis migrain ini memberi Anda vertigo – perasaan seperti ruangan berputar. Cahaya terang dan suara keras juga dapat mengganggu Anda. Hingga 50% penderita sakit kepala migrain juga terkadang merasa pusing atau vertigo. Sakit kepala migrain vestibular diobati seperti migrain lainnya, dengan obat-obatan dan dengan menghindari pemicu sakit kepala.

Kristin Chenoweth
Aktris dan penyanyi Kristin Chenoweth merawat migrain setelah memenangkan Emmy pada 2009. Kemudian dokternya menyarankan toksin botulinum. “Saya tidak pernah mengalami sakit kepala yang parah sejak itu,” katanya.

Carly Simon
Ketika pemenang Grammy, Carly Simon berseru, “Saya tidak punya waktu untuk rasa sakit.” Simon telah melakukan banyak perubahan gaya hidup untuk mencegah sakit kepala. “Saya tidak merokok, saya tidur selama delapan jam, dan kopi bukan bagian dari hidup saya,” kata Simon. Dia juga menghindari alkohol, pemicu umum bagi sebagian orang. Anggur merah, khususnya, tampaknya bisa memicu sakit kepala migrain.

Cindy McCain
Cindy McCain menggambarkan nyeri migrennya sebagai siksaan. “Rasanya seperti seseorang mengayunkan kapak dan memukul dahi saya,” katanya tentang salah satu sakit kepalanya. Serangan itu sangat buruk selama kampanye kepresidenan almarhum suaminya Senator John McCain pada tahun 2008. Cahaya terang dari kamera sering memicu sakit kepala. “Kacamata hitam adalah sahabat terbaik penderita migrain,” kata Cindy McCain.***dian

 

 

Comments

comments